Sukses

Eks Presiden Barcelona Optimistis Indonesia Jadi Macan Asia

Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta berkunjung ke Indonesia pada Minggu (2/4/2017).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta berkunjung ke Indonesia, Minggu (2/4/2017). Dalam kunjungannya, Laporta yakin sepak bola Indonesia bisa menjadi yang terbaik di kawasan Asia.

Presiden Barcelona pada periode 2003-2010 itu mengatakan, Indonesia punya potensi besar dalam dunia sepak bola. Laporta juga mengagumi suporter Indonesia dalam memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.

"Saya percaya bahwa Indonesia punya potensi yang luar biasa. Indonesia punya suporter dengan komitmen besar dalam hal mendukung tim di sini," katanya di Lapangan Atang Sutrisna.

Namun, Laporta mengatakan, Indonesia harus memikirkan filosofi permainan agar menjadi yang terbaik di Asia. Untungnya, lanjut Laporta, Indonesia telah menunjuk Luis Milla sebagai pelatih tim nasional.

"Dalam opini saya, sepak bola tidak hanya menendang dan pemain dengan bakat luar biasa saja. Sepak bola tidak hanya itu. Sepak bola adalah budaya dan kalian harus mengembangkan filosofi. Kemudian, untuk menjadi sukses, kalian harus membangun sistem. Itu yang terpenting dalam opini saya," ucap Laporta.

"Selain itu, Anda tahu sangat penting bagi negara untuk menjadi juara. Jadi saya pikir, ini merupakan keputusan yang tepat dari PSSI merekrut Luis Milla sebagai pelatih," ucap Presiden Barcelona paling sukses itu menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Jadi Macan Asia

Dengan hal ini, pria berusia 54 tahun itu optimistis Indonesia bakal menjadi Macan Asia. Bahkan, Laporta menyebut, Indonesia bisa bersaing dengan dua negara terbaik di Asia saat ini, Korea Selatan dan Jepang.

"Indonesia meruapkan salah satu tim terbaik di Asia Tenggara. Negara ini dapat berkompetisi dengan sepak bola Asia seperti Thailand dan Tiongkok," ujar Laporta.

"Kenapa tidak (Indonesia juga bisa bersaing dengan), Jepang dan Korea yang merupakan terbaik di Asia. Level Indonesia cukup menarik untuk menjadi tim dunia selanjutnya," katanya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini