Sukses

Fakhri Husaini Segera Tentukan 30 Pemain untuk Timnas U-16

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini tentukan 30 pemain untuk mengikuti Piala AFF U-15.

Liputan6.com, Jakarta - ​Seleksi nasional Timnas U-16 sedang bergulir di Lapangan National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, sejak 25 Maret 2017. Saat ini tim asuhan Fakri Husaini itu masih dihuni 55 pemain.

Ini adalah seleksi tahap akhir yang dilakukan timnas U-16 sebelum menggelar pemusatan latihan (TC). Sebelumnya, Fakhri dan tim pelatih harus menyaring 55 dari 930 pemain dari dua tahap seleksi, yakni wilayah dan regional.

Karena jumlah tersebut, latihan Timnas U-16 pun dibagi ke dalam dua sesi. Pada latihan pagi Senin (27/3/2017), total ada 28 pemain yang berlatih. Sedangkan 27 pemain sisanya akan berlatih pada 27 pemain.

"Latihan hari ini adalah prinsip bertahan dan menyerang. Nantinya, 55 pemain akan dikurangi menjadi 25-30 pemain pada tanggal 30 (Maret). Saat itu akan ada tes pertandingan dan kontrol bermain. Jujur hingga saat ini kami sudah punya beberapa nama yang akan menjadi kerangka tim," kata Fakhri saat ditemui di Lapangan NYTC.

Fakhri memastikan akan terus memberikan kesempatan kepada 55 pemain Timnas U-16 hingga 30 Maret. Pasalnya, akan ada berbagai kondisi yang bisa memaksa tim pelatih mengubah kerangka tim. Salah satu faktornya adalah cedera.

"Pagi ini saja ada dua yang tak ikut berlatih karena benturan," katanya.

Tim Tetap

Seleksi ini sendiri dilakukan timnas U-16 untuk menyongsong ajang Piala AFF U-15 2017 yang digelar di Thailand pada Juli. Mereka akan bersaing dengan Australia, tuan rumah Thailand, Laos, Singapura, dan Myanmar di Grup A.

"Jika sudah dipilih 25-30 pemain, tidak akan lagi sistem promosi atau degradasi. Saya akan memprioritaskan dan memaksimalkan jumlah itu," tegas Fakhri.

Dari jumlah tersebut, Fakhri mengaku sudah berdiskusi dengan pelatih kiper timnas U-16, Gatot Prasetyo soal kuota kiper. Usai diskusi dengan mantan pelatih kiper timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu, Fakhri memastikan maksimal akan membawa empat kiper.

"Saat pendaftaran pemain untuk Piala AFF, kami akan menyesuaikan terkait jumlah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.