Sukses

Wapres JK: Asian Games 2018 Punya 36 Cabor

Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018. Jakarta dan Palembang jadi kota penyelenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 akan mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor). Hal ini ditegaskan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku ketua dewan pengarah Asian Games usai rapat koordinasi lanjutan bersama sejumlah menteri dan pejabat daerah, Sabtu (25/3/2017).

Indonesia akan merujuk pada jumlah cabor di Asian Games Incheon 2014 lalu, untuk memangkas anggaran. Tak hanya menghemat anggaran, Indonesia juga bisa fokus pada cabor yang berpotensi mendulang medali.

"Cost sesuai dengan jumlah atletnya, jumlah cabang olahraganya. Kami punya kriteria, tidak asal potong saja. Olimpiade itu wajib (yang dipertandingkan di Olimpiade). Jadi kami putuskan 36 cabang olahraga Asian Games," ujar JK dalam jumpa pers.

JK merujuk pada Olimpiade tahun lalu yang hanya memainkan 28 cabor, tapi tidak mengurangi kualitas ajang tersebut. Berbeda dengan Asian Games di Guangzhou, Tiongkok pada 2012 lalu yang mempertandingkan 42 cabor.

"Kalau semuanya masuk, lama-lama kelereng juga dimintanya. Kami potong berdasarkan potensi medalinya. Jangan lupa juga kalau yang minta efisiensi biaya itu OCA (Komite Olimpiade Asia) bukan kami."

"Biaya penyelenggaraan bisa dihitung ulang, tapi cost infrastruktur tidak boleh berkurang. Semua berprinsip pada efisiensi," kata JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini