Sukses

Jalan Terjal Rossi di MotoGP Qatar

Rossi tampil buruk dalam tiga sesi latihan bebas MotoGP Qatar.

Liputan6.com, Losail - Jelang balapan MotoGP Qatar, Valentino Rossi harus menghadapi jalan terjal di depannya. Sebab, penampilan pembalap Yamaha itu tak kunjung membaik. Jangankan podium, untuk masuk lima besar saja Rossi kesulitan.

Hal ini terlihat selama TES pramusim dan berlanjut di sesi latihan bebas MotoGP Qatar. Pembalap berjuluk The Doctor itu selalu tampil buruk. Rossi kesulitan mengimbangi rekannya di Yamaha, Maverick Vinales.

Sejatinya, sudah banyak yang meragukan peluang Rossi untuk menjadi juara dunia MotoGP 2017. Sebagian besar pendapat itu muncul setelah melihat performa buruk The Doctor dalam tiga sesi tes pramusim yang dihelat di Malaysia, Australia, dan Qatar.

Ironisnya, sesi latihan bebas MotoGP Qatar di Sirkuit Losail juga gagal dimaksimalkan pembalap berusia 38 tahun itu. Secara berurutan, Rossi hanya bisa menempati posisi kesembilan, keenam, dan 13.
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (AFP/Manan Vatsyayana)
"Hari ini kami memulai dengan cara yang benar karena dalam FP 2 tidak begitu buruk dan saya mendapatkan lap terbaik. Kami masih harus memperbaiki. Pada akhirnya, saya juga punya masalah dengan sensor. Kami harus mengubah suspensi belakang untuk struktur lain yang tidak bagus," kata Rossi seperti dikutip Tuttomotoriweb.

Rossi pun ragu dirinya bisa mengejar Vinales yang terus tampil gemilang selama tes pramusim dan sesi latihan bebas MotoGP Qatar.

"Vinales melakukannya dengan sangat, sangat baik, baik dari segi flying lap maupun kecepatan. Ia memahami karakter Yamaha dengan baik. Jujur, saya harus terlebih dulu mengejar kecepatan semua pembalap antara saya dan dirinya. Saya harus memangkas setengah detik untuk mencapai beberapa pembalap di belakang Maverick," ucap Rossi.
Valentino Rossi (Crash)
Menurut Rossi, salah satu penyebab dirinya tampil buruk selama latihan bebas adalah ban depan Michelin. "Selisih masih cukup jauh dengan Vinales. Awalnya saya memiliki perasaan yang agak sedikit berbeda karena tidak terlalu buruk di sesi latihan kedua. Tapi di latihan ketiga, saya banyak mengalami masalah karena kurangnya cengkraman ban dan kelembaban aspal," terang Rossi.

"Kondisi itu sulit ditaklukkan. Tapi, kami terus mencoba mengambil banyak perubahan karena harus selalu meningkatkan performa," lanjutnya.

Meski Rossi punya sejumlah masalah, namun masih banyak yang yakin The Doctor akan tampil hebat di Qatar. Salah satunya adalah pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Ia percaya Rossi bisa merebut podium.

"Rossi tak memulainya dari situasi yang bagus. Tapi, ia akan menjadi penantang podium di Qatar dan dari sana ia akan terus berkembang," kata Dovizioso.
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (YamahaMotoGP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini