Sukses

Eks Bos MU: Dominasi Barcelona dan Real Madrid Segera Berakhir

Dalam tiga musim terakhir, dua tim asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona telah memenangkan Liga Champions.

Liputan6.com, Manchester - Mantan bos Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson memprediksi soal dominasi La Liga di pentas Eropa. Menurutnya, keruntuhan tim-tim asal Spanyol tinggal menunggu waktu.

Dalam tiga musim terakhir, dua tim asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona silih berganti memenangkan Liga Champions. Sedangkan Sevilla merajai Liga Europa dalam empat musim terakhir.

Ferguson yang memulai kariernya bersama MU pada 1986 mengatakan, kejayaan tim asal Spanyol bakal segera berakhir. Dia menunjukkan kalau siklus di sepak bola Eropa menjadi salah satu buktinya.

"Saya pikir, sukses itu seperti siklus. Anda lihat tahun 90-an, AC Milan berjaya. Kemudian, Ajax dan Bayern Muenchen mendominasi pada tahun 70-an. Pada tahun 80-an ada Liverpool. Kemudian Inggris sempat mendominasi selama enam tahun.," katanya, dikutip dari Marca.

"Ada tiga tim Inggris yang maju ke semifinal Liga Champions. MU malah tampil dalam tiga partai final dalam empat tahun. Sekarang, Spanyol yang sangat dominan," ujar pria pensiun sebagai manjaer MU pada 2013 tersebut menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Keruntuhan La Liga

Pria berusia 75 tahun tersebut sangat yakin kalau dominasi La Liga bakal segera berakhir. Hal ini dikarenakan dua bintang mereka, usia Cristiano Ronaldo (32) dan Lionel Messi (29) semakin bertambah.

"Ini akan berubah. Ronaldo sudah lebih tua, Messi juga semakin tua. Bisakah mereka mengganti dua pemain itu? Saya pikir, siklus ini segera berubah," ucap Ferguson mengakhiri.

Pada ajang Liga Champions musim ini, masih ada tiga tim asal Spanyol yang sudah melangkah hingga babak perempat final, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.