Sukses

3 Penyerang Tersubur Timnas Jerman

Podolski masuk 3 besar daftar pemain tersubur Timnas Jerman

Liputan6.com, Dortmund - Lukas Podolski resmi menutup karier bersama Timnas Jerman. Pemain berusia 31 tahun tersebut melakoni laga penutup melawan Inggris di Signal Iduna Park, Kamis (23/3/2017) dinihari WIB.

Pertandingan tersebut semakin berkesan bagi Podolski. Sebab, dia mencetak gol penentu kemenangan Der Panzer.

"Ini seperti film yang hebat. Kami menang 1-0 dan saya mencetak gol," kata Podolski, dilansir Sportkeeda. "Saya bangga dengan 13 tahun terakhir bersama Timnas Jerman," sambung pemain Galatasaray ini.

Sebelum laga berlangsung, sambutan meriah khusus diberikan pendukung. Mereka menciptakan mosaik unik untuk pemain yang sudah 130 kali tampil di pentas internasional tersebut.

"Anda tak bisa menulis skenario lebih baik dari ini. Penonton bertahan lama setelah pertandingan untuk merayakan Poldi. Sungguh luar biasa," kata striker Thomas Mueller.

Kesuksesan merobek gawang Joe Hart pun memperkokoh posisi Podolski di daftar top scorer Timnas Jerman. Di posisi mana dia berada? Berikut pemaparannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Miroslav Klose

Miroslav Klose (AFP/Daniel Roland)

Pemain tersubur Timnas Jerman sepanjang masa. Pada periode 2001-2014, Klose menciptakan 71 gol pada 137 pertandingan.

Membela negara adopsinya sejak 2001, sosok keturunan Polandia ini menutup karier dengan menjuarai Piala Dunia 2014. Klose juga menjadi pemain paling produktif di Piala Dunia.

Dia menciptakan 16 gol dari empat partisipasi di pesta sepak bola termegah di muka bumi. Produktivitasnya juga berujung penghargaan sepatu emas Piala Dunia 2006.

3 dari 4 halaman

Gerd Mueller

Memegang rekor pemain tersubur Timnas Jerman sebelum Klose menyalipnya pada 2014. Meski begitu, Gerd Mueller tetap dinilai lebih tajam.

Gerd Mueller. (UEFA)

Sebab, dia mencetak 68 gol hanya dari 62 pertandingan. Dikenal sebagai predator di kotak penalti lawan, Der Bomber membantu Der Panzer mencapai puncak tertinggi pada 1970-an.

Dia membantu negaranya menjuarai Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

4 dari 4 halaman

Lukas Podolski

Gol ke gawang Inggris membuat koleksi Podolski berjumlah 49 gol. Dia menorehkannya pada 130 partai.

Dengan begitu, Podolski juga menjauhi pemain lain yang coba mengejarnya. Di antara mereka yang masih aktif, Thomas Mueller (36) merupakan kandidat terdekat.

Membela timnas pada periode 2004 hingga 2017, sosok yang akrab disapa Poldi ini menunjukkan ketajaman meski lebih sering diturunkan sebagai penyerang sayap. Dia sempat mencetak empat gol ke gawang San Marino pada kualifikasi Piala Eropa 2008, serta lima kali merobek gawang lawan di Piala Dunia.

Lukas Podolski. (AP Photo/Martin Meissner)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.