Sukses

Nasib Apes Schweinsteiger di MU

Schweinsteiger tidak sampai dua tahun bermain bersama MU.

Liputan6.com, Jakarta Karier Bastian Schweinsteiger bersama Manchester United (MU) hanya seumur jagung. Pria Jerman ini tidak sampai dua musim bermain di Old Trafford. Schweinsteiger baru saja dipastikan pindah ke klub Amerika Serikat, Chicago Fire.

Schweinsteiger bergabung dengan MU tahun 2015. Dia diboyong manajer Louis van Gaal dari Bayern Muenchen. Sayangnya, Schweinsteger mengalami nasib buruk di Inggris. 

Pria 32 tahun itu tak mampu menembus tim utama MU baik di bawah asuhan Van Gaal maupun Jose Mourinho. Schweinsteiger hanya main 35 kali dari berbagai ajang. Dia cuma menyumbang dua gol untuk MU. 

Kepergian Van Gaal dan masuknya Mourinho malah membuat nasih Schweinsteiger semakin suram. Mourinho tidak terlalu menyukai Schweinsteiger. Mourinho membekukan Schweinsteiger dari tim utama sejak awal musim.

Schweinsteiger sudah dipersilahkan mencari klub baru oleh Mourinho sejak tahun 2016 lalu. Namun suami Ana Ivanovic ini tetap bersikukuh bertahan. Dia ingin membuktikan kepada Mourinho.

Setelah bertahan selama beberapa bulan, Schweinsteiger akhirnya tidak tahan dan menerima pinangan Chicago Fire. Mulai akhir Maret ini Schweinsteiger resmi bermain bersama klub MLS tersebut.Schweinsteiger Tak Masuk Rencana Mourinho (AFP)

Apa yang dialami Schweinsteiger bersama MU sungguh tragis. Sewaktu masih membela Bayern, dia merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia. Schweinsteiger nyaris selalu jadi langganan di tim utama. Bermacam gelar pernah diraih Schweinsteiger bersama Bayern.

Mantan manajer MU Sir Alex Ferguson turut prihatin dengan nasib Schweinsteiger. Ferguson menilai Schweinsteiger hanya tidak beruntung saja mengalami banyak kendala sehingga gagal bersinar di Inggris.Schweinsteiger termasuk salah satu pemain tengah terbaik di Jerman (AFP)

"Saya pikir masih ada banyak yang tersisa. Sayangnya dia mengalami cedera musim lalu dan dia absen untuk sementara waktu dan ketika dia kembali kami memiliki manajer baru dan manajer baru memiliki ide sendiri," tutur Ferguson kepada ESPN.

Ferguson memberikan dukungan atas keputusan Schweinsteiger pergi dari MU. Ferguson meyakini Schweinsteiger akan bisa kembali berjaya di Amerika Serikat. Schweinsteiger saat masih berjaya di Bayern Muenchen (AFP)

"Kepindahannya datang pada saat yang tepat untuknya. Dia merupakan sosok yang besar. Dia sangat populer dengan pemain-pemain MU dan fans. Dia akan membuat sebuah dampak," tegas Ferguson.

Schweinsteiger akan bertarung dengan beberapa pesohor lain yang sudah lebih dulu memilih main di MLS seperti Ricardo Kaka, David Villa hingga Giovani Dos Santos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.