7 Fakta Menarik Jelang Indonesia Vs Myanmar

Oleh Risa Kosasih pada 21 Mar 2017, 13:00 WIB
Prediksi  Indonesia vs Myanmar

Liputan6.com, Cibinong - Timnas Indonesia akan menjalani partai resmi internasional pertamanya tahun ini melawan Myanmar, pada Selasa (21/3/2017) sore nanti di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Pertemuan kedua tim ini akan menghasilkan sederet rekor baru untuk para pemain maupun pelatihnya.

Laga sengit Indonesia vs Myanmar kembali akan mempertemukan dua pelatih asal Eropa, yakni Luis Milla (Spanyol) dan Gerd Zeise (Jerman). Pada bentrokan sebelumnya di Yangon November lalu, skuat Garuda masih ditukangi Alfred Riedl (Austria).

Pada 4 November di Stadion Thuwana YTC, Yangon, Indonesia hanya bermain imbang 0-0 melawan The White Angels. Laga ujicoba tersebut digelar sebelum mereka tampil di Piala AFF 2016.

Sekarang dua negara ini kembali bertemu namun dengan kekuatan yang berbeda. Timnas Indonesia datang dengan skuat U-22 sedangkan Myanmar akan dihuni kombinasi pemain muda-tua, termasuk enam pemain muda yang pernah mencicipi Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Lebih jauh, sederet fakta menarik lainnya tersaji jelang laga Indonesia vs Myanmar ini. Bukan hanya soal pemain dan pelatih, ternyata pertandingan ini akan dipimpin oleh wasit Filipina yang akan debut dalam FIFA Matchday. Berikut ulasanya.

1 of 2

Fakta Menarik

Gerd Zeise
Gerd Zeise (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Dalam laman resmi FIFA, pertandingan Indonesia vs Myanmar sudah didaftarkan dalam kalender ujicoba internasional. Meski dihuni pemain U-22 mereka akan mendapatkan cap timnas senior.

2.Terakhir kali Indonesia bertemu Myanmar adalah jelang Piala AFF 2016 lalu, tepatnya pada 4 Nov 2016 di Yangon. Kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0.

3. Indonesia sudah 40 kali bertemu dengan Myanmar dengan koleksi 15 kali menang, 9 kali imbang dan sisanya kalah.

4. 129 gol sudah tercipta dari pertemuan Indonesia vs Myanmar. Myanmar lebih produktif dengan menceploskan 67 gol ke gawang tim Merah Putih.

5. Laga Indonesia melawan Myanmar nanti akan dipimpin oleh wasit Filipina Clifford Daypuyat. Inilah debut internasional pria 29 tahun tersebut karena sebelumnya dia hanya terlibat dalam kompetisi dalam negeri.

6. Myanmar akan diperkuat enam pemain muda yang pernah tampil di Piala Dunia U-20 2015 lalu. Laga ini meruapakan persiapan mereka untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2019 melawan India pada 28 Maret 2017 mendatang.

7. Hanya dua pemain timnas senior eks-Piala AFF 2016 di skuat Indonesia sekarang yaitu bek tengah Hansamu Yama dan gelandang serang Evan Dimas

Lanjutkan Membaca ↓