Sukses

Menpora: Terobosan Persib Datangkan Essien Perlu Ditiru Klub Lain

Langkah Persib rekrut Essien jadi kejutan besar di sepak bola Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) Imam Nahrawi menilai kedatangan mantan gelandang Chelsea Michael Essien untuk membela Persib Bandung akan berdampak luas pada industri sepak bola. Essien bukan hanya meningkatkan gairah suporter ke stadion, tapi juga memancing tim lain untuk melakukan terobosan dalam pembelian pemain.

Kedatangan Essien ke Persib begitu mengejutkan karena dia merupakan sosok terkenal di sepak bola Eropa bahkan dunia. Pria asal Ghana itu pernah menjuarai Liga Inggris dua kali bersama Chelsea dan satu gelar Liga Champions di tahun 2011/2012.

"Bagus itu saya senang sekali dan itu yang dulu saya sampaikan. Semoga pelatih atau pemain top itu bisa menarik perhatian publik sekaligus menginspirasi pelatih atau pemain di sini untuk berprestasi, seperti mereka," kata Menpora.

Imam juga mengharapkan terobosan Persib bisa ditiru tim lain di Indonesia, meski tak harus mengeluarkan dana besar-besaran.  "Ini bagian dari sportainment dan terobosan Persib yang perlu ditiru oleh klub lain. Terkait harga yang mahal tentu mereka sudah memiliki cara untuk menganggarkan pengeluaran tersebut," ujar Imam.

"Lebih banyak pemain top (seperti Essien) yang datang ke sini (Indonesia) lebih bagus lagi. Ini dapat menggairahkan dan memberikan segi kompetitif di Liga 1 nanti," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.