Sukses

4 Aksi Kocak Valentino Rossi yang Tak Terlupakan

Valentino Rossi merupakan juara dunia balap motor sembilan kali.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi dan MotoGP menjadi dua hal yang sulit dipisahkan. Rider Movistar Yamaha masih menjadi salah magnet besar bagi pencinta balap motor di seluruh dunia.

Pembalap berjuluk The Doctor ini selalu membuat publik tak sabar untuk menyaksikan penampilannya di lintasan balap. Apalagi, pembalap asal Italia ini dikenal nyentrik dan humoris sehingga membuat para fans kian menyukainya. 

 

Meskipun sudah 21 tahun menggeluti dunia balap motor dan berganti rival, namun Valentino Rossi tak pernah terlihat lelah memberikan hiburan menarik di lintasan. Ia mampu membuat duel menarik antar sesama pembalap.

Sudah banyak peristiwa atau kenangan yang dilalui Rossi selama mengaspal di arena pacuan kuda besi. Di balik sosoknya yang serius ternyata terselip cerita tentang keunikan yang dimiliki sang pembalap fenomenal tersebut dan ini akan terus diingat meskipun pembalap kelahiran Tavullia, Italia, pensiun dari MotoGP.

Lalu apa saja kejadian unik yang dilakukan Valentino Rossi selama menjadi pembalap motor? Berikut 4 aksi kocak Rossi di dalam maupun luar lintasan:

Jatuh Saat Dikerubungi Penonton

1. Jatuh Saat Dikerubungi Penonton

Pada tahun 1999, Valentino Rossi telah mencuri perhatian lomba balap motor dari berbagai penjuru dunia. Betapa tidak, mantan kekasih Linda Morselli saat itu baru memulai musim keduanya di kelas 250cc.

Kendati dikenal sebagai 'pembalap bau kencur' namun bukan berarti dia tidak bisa mengguncang popularitasnya. Salah satu hal yang sulit dilupakan penggemar ketika ia memulai balapan di Sirkuit Mugello Italia.

Rossi yang saat itu berhasil memenangkan balapan tidak menyangka mendapat perlakuan istimewa dari penggemar hingga ratusan penonton tiba-tiba turun ke lintasan untuk mengerubunginya. The Doctor yang saat itu masih berada di atas motor berhasil lolos dari kepungan para penggemarnya.

Ketika saat berusaha meloloskan diri, Rossi malah menabrak seorang juru kamera yang melintas dihadapannya. Rossi jatuh dan jadi tontonan banyak orang. Ketika berdiri, ia kembali tancap gas dan peristiwa itu jadi salah satu yang paling dikenang sepanjang sejarah.

Buang Air Kecil Sembarangan

2. Buang Air Kecil Sembarangan

Di tahun yang sama, Valentino Rossi juga melakukan aksi yang cukup menggelikan. Pria yang sebelumnya membela tim Aprilia terpaksa menepikan motornya di pinggir lintasan usai memenangkan balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Rossi lalu berlari ke dalam toilet yang ada di sekitar sirkuit. Ini terjadi, karena ia sudah tak kuasa untuk buang air kecil yang sudah ditahannya selama balapan.

Mungkin Rossi terlalu tegang selama balapan, sehingga ia sampai menahan untuk buang air kecil. Pasalnya itu adalah kemenangan perdana di Sirkuit Jerez.

Aksi Teatrikal Hancurkan Batu

3. Aksi Teatrikal Hancurkan Batu

Masih ingat tidak dengan kejadian kocak Valentino Rossi sewaktu menjadi tahanan penjara. Maksud dari kata-kata tersebut bukan arti yang sebenarnya, karena ia sedang melakukan aksi teatrikal saat memenangkan balapan di GP Republik Ceko pada 2003 lalu.

Aksi yang dilakukan Rossi karena ia merasa terpojok dengan pemberitaan media yang terus menyudutkan dirinya setelah ia gagal merebut empat kemenangan secara beruntun. Pemberitaan tersebut sebenarnya tidak salah, karena penikmat balap ingin melihat sang idola berdiri gagah di podium pertama.

Ketika di luar ekspektasi Rossi pun mulai mendapat cercaan dari banyak pihak. Namun, kritikan itu justru dijadikannya sebagai motivasi besar hingga akhirnya ia sukses merebut kemenangan keempatnya di tahun 2003.

Rossi pun langsung melakukan selebrasi seperti menjadi penghuni penjara lengkap atribut berupa rantai. Rossi juga melakukan aksi teaterikal dengan adegan dia sedang bekerja menghancurkan batu.

Parkir Seenaknya di Goodwood House

4. Parkir Seenaknya di Goodwood House

Bagian kocak terakhir terjadi ketika Valentino Rossi memarkir kuda besinya di dalam Goodwood House. Pembalap berambut keriwil itu sebelumnya diundang untuk menghadiri gelaran Goodwood Festival of Speed 2015.

Kehadiran Rossi tidak hanya sebagai tamu undangan saja, tapi kedatangannya itu untuk merayakan ulang tahun ke-60 Yamaha Motor Company. Namun, ada hal yang tak lazim saat Rossi dengan santai memarkir motor Yamaha YZR-M1 di dalam Goodwood House.

Goodwood Festival of Speed merupakan event tahunan yang menampilkan kendaraan balap motor bersejarah. Event tersebut diadakan di lapangan Goodwood House, West Sussex, Inggris dan biasanya digelar pada akhir Juni atau awal Juli setiap kalender tahun.(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.