Demi Tiket Liga Champions, Liga Europa Jadi Target Utama MU

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 11 Mar 2017, 22:30 WIB
Paul Ince berbicara soal peluang Manchester United (MU) di musim 2016/2017

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memang harus realistis soal peluang merebut gelar juara Liga Inggris 2016/2017. Hingga pekan ke-27, anak asuh Jose Mourinho itu masih tak kunjung menembus zona empat besar.

Hampir sebagian besar musim ini dilewati MU dengan duduk di urutan keenam klasemen Liga Inggris. Mengoleksi 49 poin, mereka sudah tertinggal 17 angka dari Chelsea yang kokoh di puncak klasemen. Meski MU masih mengantongi 12 laga sisa, mengejar defisit dengan Chelsea jelas menjadi hal yang sulit.

Karenanya, akan lebih baik jika MU mengalihkan fokus pada kompetisi lain. Usai menjarai Piala Liga Inggris, masih ada dua kompetisi lain yang bisa dimaksimalkan, yakni Piala FA dan Liga Europa. Menurut Paul Ince, Liga Europa menjadi buruan utama Mourinho di musim ini.

"Liga Europa adalah sesuatu yang besar untuk Mourinho di periode awal karena ia tak begitu tahu soal timnya dan ia belum mengetahui untuk mendapatkan formula yang tepat. Jadi, saya pikir trofi terpenting bagi mereka saat ini adalah Liga Europa. Sebab, itu adalah jalan untuk masuk ke Liga Champions," tutur Ince, seperti dikutip Goal.

Ya, jika mampu menjuarai Liga Europa, secara otomatis MU berhak tampil di Liga Champions. Tentu, itu akan menjadi prestasi membanggakan, meski seandainya mereka gagal finis di zona empat besar Liga Inggris.

1 of 2

MU Jauh Lebih Baik

Ince yang bermain untuk MU pada 1989-1995 juga pesimistis soal peluang mantan timnya menembus empat besar. Terlebih, mereka kerap tak konsisten saat tampil di Liga Inggris. Hanya dua kemenangan yang didapat di enam laga terakhir.

"Ada enam tim yang bertarung demi empat besar dan MU tampil mengecewakan di laga terakhir. Tak ada jaminan mereka bisa mencapainya. Jadi, Anda akan melihat Liga Europa menjadi sangat penting bagi Mourinho," kata Ince yang juga sempat berkostum Liverpool selama dua musim itu.



"Tim seperti MU harus tampil di Liga Champions. Bersama Mourinho, mereka hanya butuh waktu untuk mencapai tujuan. Mereka sudah lebih baik dari empat bulan lalu. Saya pikir Mourinho benar-benar membangun tim pemenang dengan konsistensi," ia menambahkan.

Lanjutkan Membaca ↓