Sukses

Palembang Jadi Tuan Rumah 10 Cabor Asian Games

Sisa cabor Asian Games lainnya digelar di Jakarta.

Liputan6.com, Palembang - Dalam pelaksanaan event internasional Asian Games pada 2018, Sumatera Selatan mendapat 10 cabang olahraga untuk diselenggarakan di Jakabaring Sport City. Secara keseluruhan, ada 42 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event ini.

Adapun cabang olahraga yang diselenggarakan di Sumsel yakni sepak bola wanita, tenis, voli pantai, kano/kayak, basket, menembak, triatlon, sepak takraw dan panjat tebing. Menanggapi hal itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengaku menerima hal itu dengan lapang dada.

"Kami terima dengan keputusan ini. Awalnya Sumsel mendapat 11 cabang olahraga, namun ternyata soft tenis dan tenis jadi satu, sehingga total cabang olahraga yang diselenggarakan di Sumsel ada 10 cabang olahraga," jelasnya.

Alex mengakui, pihaknya kini tidak meminta tambahan cabang olahraga untuk dipertandingkan di Sumsel. Namun dari hasil Ratas yang dilakukan beberapa waktu lalu, ada pembahasan cabang olahraga basket, baseball, BMX dan sebagainya. "Pembahasan tambahan cabang olahraga akan kita bahas di Jakarta," ucapnya.

Terkait cabang olahraga basket, Alex mengakui, apabila ini dilaksanakan di Palembang maka akan dinilai sangat berat. Untuk itu, Alex meminta agar apabila Sumsel benar ditunjuk untuk tuan rumah basket, maka ditujukan khusus final basket ataupun basket wanita.

"Menurut kita 10 cabang olahraga ini saja sudah cukup. Ini saja sudah Alhamdulillah. Kita bisa fokus," ucapnya.

Apabila Sumsel menjadi tuan rumah untuk sejumlah cabang olahraga tambahan, kata Alex, pihaknya akan menyediakan venue. Bila belum ada venue, maka lahan akan disiapkan begitu pula dengan anggarannya.

"Semua venue olahraga di Jakabaring Sport City sedang dikerjakan. Kita targetkan bisa selesai akhir tahun ini. Kecuali venue convention hall, mungkin baru selesai 2018 nanti," Alex mengakhiri.

(Indra Pratesta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini