Sukses

3 Cara Barcelona Kejar 4 Gol Lawan PSG

Barcelona masih tertinggal 0-4 dari PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona seperti mengejar misi mustahil saat menjamu Paris-Saint Germain (PSG) pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Kamis (9/3/2017). Barcelona wajib mengejar defisit 4 gol usai dikalahkan PSG di leg pertama.

Bisakah Barcelona mengejar 4 gol tanpa kebobolan sedikit pun? Ini misi sulit. Bahkan, pemain Barcelona pun sudah menyuarakan pesimisme bisa lolos ke perempat final Liga Champions usai kekalahan ini.

Namun demikian, peluang itu tentu tetap ada. Apalagi Barcelona punya potensi cetak banyak gol. Dari dua laga terakhir saja melawan Celta Vigo dan Sporting Gijon, Barcelona sukses mencetak 11 gol.

Tentu, PSG bukan lawan yang mudah seperti Sporting Gijon. Namun Barcelona bisa mengambil inspirasi dari usaha Deportivo La Coruna usai kalah 1-4 dari AC Milan pada Liga Champions 2004.

Pada leg kedua, Deportivo La Coruna sukses menang 4-0 sehingga lolos dengan agregat 5-4. Apa saja yang harus dilakukan Barcelona untuk bisa kejar defisit gol? Berikut rinciannya seperti dikutip Marca:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetak Gol Cepat


Mencetak gol cepat menjadi salah satu cara untuk mengejutkan lawan, utamanya saat mengejar defisit gol besar seperti yang dialami Barcelona. Lionel Messi pernah melakukannya saat melawan AC Milan pada 2012 lalu.

Tertinggal 0-2 dari AC Milan, Messi inspirasi kemenangan Barcelona lewat gol cepat di menit ke-5. Stadion bergemuruh dan pemain pun terpacu untuk terus cetak gol.

Jika itu bisa dilakukan Barcelona, cetak gol dalam 15 menit pertama, harapan untuk lolos perempat final Liga Champions masih terbuka. Pemain harus terus membantu Messi untuk cetak gol cepat.

Bisa cetak 2 gol di babak pertama bisa membuat Barcelona teror PSG di babak kedua. Bisakah itu dilakukan pada dini hari besok?

3 dari 4 halaman

Menekan dan Kompak

Barcelona wajib tampil menekan langsung ke jantung pertahanan. Meski begitu, Barcelona harus menjaga kekompakan utamanya saat kehilangan bola.

Saat kalah di markas PSG, Barcelona kalah di lini tengah. Pemain Barcelona kalah kelas dari PSG di area tengah.

Di laga nanti, Barcelona wajib menekan langsung ke depan dan manfaatkan peluang. Di waktu bersamaan,  pemain juga wajib bisa menyaring serangan PSG yang digalang dari lini tengah.

Sejak lini tengah, pemain Barcelona harus bisa mematikan umpan-umpan PSG. Barcelona perlu menempatkan pemain seperti Javier Mascherano dan Sergio Busquets untuk tugas-tugas semacam itu.

4 dari 4 halaman

Percaya Diri



Cara terakhir yang harus dimiliki pemain Barcelona yaitu kepercayaan diri. Apalagi gunanya strategi jitu jika tak diiringi kepercayaan diri untuk mengejar ketertinggalan.

Semua pemain Barcelona harus menanamkan dalam otak mereka bisa kejar defisit 4 gol dan lakukan aksi comeback. Tentu ini tugas yang berat.

Selain cetak banyak gol, pemain Barcelona juga wajib tetap waspada dengan pertahanan. Sekali saja kebobolan, maka tugas untuk comeback sungguh bertambah berat.

Dalam sejarahnya, Barcelona tak pernah bisa lakukan ini. Pada Liga Champions 2012/13 lalu, Barcelona malah tersungkur 0-3 dari Bayern Muenchen setelah dihajar sebelumnya dengan skor 4-0 pada leg pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini