Sukses

5 Pemain Muda AC Milan Paling Menonjol Musim Ini

Dalam beberapa tahun terakhir Milan memang mengembangkan program pemain-pemain muda.

Liputan6.com, Jakarta AC Milan masih tertatih-tatih untuk kembali berjaya musim ini. Hingga giornata (pekan) ke-26, anak-anak asuh Vincenzo Montella masih berkutat di posisi ketujuh klasemen.

Dengan Napoli yang duduk di peringkat ketiga, mereka berselisih 7 poin, sedangkan dari Juventus yang bercokol di puncak, mereka terpaut 19 poin.

Meski demikian, manajemen AC Milan, kecuali sang bos besar Silvio Berlusconi, tetap merasa puas dengan penampilan tim mereka saat ini. Mereka menganggap, belum mampunya Milan bersaing kembali di level atas sebagai hal yang wajar, karena I Rossoneri hanya mengandalkan pemain-pemain muda. Bagi mereka, permainan Milan cukup atraktif dan menghibur.

Berbicara soal pemain muda, dalam beberapa tahun terakhir Milan memang mengembangkan pemain-pemain muda. Faktor keuangan menjadi alasan utama.

Dari sederet pemain muda yang mereka punya, beberapa di antaranya mampu mencuri perhatian lewat penampilan impresif mereka. Liputan6.com mencatat lima pemain muda AC Milan paling menonjol musim ini. Kriteria muda di sini adalah mereka yang usianya tidak lebih dari 23 tahun atau maksimal lahir tahun 1994. Berikut lima pemain tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gianluigi Donnarumma

Jika berbicara tentang pemain muda AC Milan, nama Gianluigi Donnarumma pasti tidak akan luput. Bahkan bisa dikatakan, dialah pemain muda Milan yang paling menjadi sorotan saat ini.

Hal tersebut wajar. Pertama, di usianya yang masih 17 tahun, ia sudah dipercaya sebagai kiper utama Milan sejak musim lalu. Dan rupanya kepercayaan itu masih berlanjut musim ini dan ia tampil penuh di seluruh pertandingan AC Milan.

Kedua, kiper kelahiran 25 Februari 1999 itu digadang-gadang sebagai penerus Gianluigi Buffon di timnas Italia. Anggapan itu mulai tampak sejak sekarang, di mana ia menjadi kiper nomor dua timnas saat ini. Ia pun sudah mencicipi bermain dua kali untuk timnas senior.

Dengan umur yang masih muda serta talenta yang menjanjikan, menjadikan Donnarumma diincar banyak klub-klub besar. Juventus adalah yang paling ngotot, karena mereka ingin menjadikannya pengganti Buffon. Selain itu juga ada Chelsea, Real Madrid, dan Manchester City yang sudah siap membayarnya mahal.

3 dari 6 halaman

2. Alessio Romagnoli

Alessio Romagnoli adalah salah satu bek andalan Milan musim ini. Bek asli Italia ini dibeli Milan dari AS Roma dengan harga 25 juta euro pada Agustus 2015. Romagnoli telah tampil sebanyak 20 kali di Serie A sejauh musim ini bergulir. Artinya, ia hanya absen dalam enam pertandingan.

Setahun menjadi milik Milan, Romagnoli menarik perhatian banyak klub besar. Antara lain Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Khusus Chelsea, mereka telah mengajukan penawaran senilai 30 juta poundsterling (Rp 523 miliar) untuk bek andalan AC Milan itu pada September tahun lalu. Namun, tawaran tersebut ditolak Milan meskipun mereka tengah kesulitan dalam hal keuangan.

Sempat mengalami cedera beberapa waktu lalu, pemain kelahiran 19 Januari 1995 ini kembali ikut bergabung dalam sesi latihan Milan hari Jumat. Ia diperkirakan akan tampil kembali saat timnya bersua Chievo Verona Sabtu malam (4/3/2017).

4 dari 6 halaman

3. Manuel Locatelli

Pemain yang menempati posisi gelandang bertahan ini merupakan salah satu andalan AC Milan saat ini. Musim ini, Locatelli tercatat sudah tampil sebanyak 16 kali di Serie A dan menyumbangkan dua gol.

Bersama Gianluigi Donnarumma, Locatelli digadang-gadang akan menjadi andalan AC Milan dan timnas Italia di masa mendatang. Pada 8 Januari lalu, Locatelli baru saja berulang tahun yang ke-19. Ia lahirnya tepatnya pada tahun 1998.

Tak ayal, remaja hasil binaan akademi sepakbola AC Milan ini menjadi salah satu pemain kesayangan I Rossoneri dan para fans.

5 dari 6 halaman

4. Gerard Deulofeu

Gerard Deulofeu memang bukan milik AC Milan. Ia dipinjam dari Everton pada bursa musim dingin lalu untuk durasi enam bulan.

Namun, penampilan impresifnya mampu mencuri perhatian publik San Siro. Dari enam penampilannya di Serie A, pemain jebolan akademi sepakbola Barcelona, La Masia, ini sudah mencetak satu gol dan satu assist. Belakangan, pemain berusia 22 tahun ini selalu menjadi pilihan utama pelatih.

Deulofeu sendiri mengaku betah di Milan dan berharap dirinya dapat dibeli secara permanen.

6 dari 6 halaman

5. Mario Pasalic

Satu lagi punggawa muda AC Milan paling menonjol musim ini adalah Mario Pasalic. Ia lahir 9 Februari 1995 (22 tahun). Ia dibeli dari Chelsea pada musim panas tahun lalu seharga 1 juta euro saja.

Di musim pertamanya berseragam I Rossoneri, gelandang asal Kroasia ini sudah tampil 16 kali, dan menyumbang dua gol dan satu assist.

Sebelum bergabung dengan Milan, Pasalic sempat membela AS Monaco dan Elche dengan status sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini