Sukses

Gara-gara Guardiola, 5 Pemain Barcelona Ini Bisa Hijrah

Barcelona akan ditinggal pelatih Luis Enrique akhir musim nanti.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bisa diibaratkan berada dalam posisi rawan untuk ditinggal beberapa pemain top mereka setelah Luis Enrique memutuskan mundur dari kursi kepelatihan Los Blaugrana. Situasi bertambah buruk ketika klub masih menunda untuk mengonfirmasi pengganti pelatih baru mereka.  

Ketidakpastian tentang pelatih baru inilah yang bisa menyebabkan beberapa pemain bakal mempertimbangkan untuk pergi dari Camp Nou pada akhir musim mendatang. Dari sekian banyak klub, Manchester City rasanya tepat untuk menampung gerbong Barcelona. Mengingat Pep Guardiola sudah tahu karakter mantan anak asuhnya tersebut.

Karena itu, tidak salah jika menempatkan City sebagai pelabuhan sementara pemain Barcelona yang tengah berada dalam kebimbangan tersebut. Di sisi lain, pemain sudah mengenal betul filosofi permainan Guardiola. Sehingga ini bisa dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk merevolusi sepak bola City yang sepertinya masih belum menunjukkan taringnya di Liga Inggris.

Berikut 5 pemain yang bisa bergabung dengan City musim panas mendatang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lionel Messi

1. Lionel Messi

Penyerang mungil ini dikabarkan masih menunda untuk membarui kontraknya bersama Barcelona yang akan berakhir pada 30 Juni 2018 mendatang. Penundaan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh City mengingat mereka punya pemilik yang royal untuk mendatangkan pemain hebat.

Ditambah dengan keberadaan Guardiola yang notabenenya telah mengaguminya sudah lama. Apalagi sejak awal klub sudah secara terang-terangan bakal membuka pintu selebar-lebarnya buat La Pulga jika ia benar-benar hengkang dari Barcelona.

Andai Messi benar-benar bercerai dengan Barcelona, maka City pasti sudah menyediakan uang tunai untuk membayar biaya serta menanggung upah sang pemain. Ini yang harus menjadi pertimbangan Barcelona jika ia ingin menjaga Messi tetap berada di Camp Nou.

3 dari 6 halaman

2. Marc-Andre ter Stegen

2. Marc-Andre ter Stegen

Claudio Bravo awalnya digadang-gadang bakal menjadi kiper hebat saat memutuskan pindah ke Manchester City di musim ini. Namun takdir malah berkata lain, kiper berusia 33 tahun itu justru tampil bak pesakitan.

Buruknya performa Bravo di bawah mistar gawang City telah mendapat sorotan tajam dari beberapa media di Inggris. Bahkan tak sedikit yang menyebut jika kelemahan The Citizens terletak pada posisi kiper. Tercatat, sejauh ini kiper asal Chile itu telah kebobolan sebanyak 29 kali.

Jumlah itu tentunya bukan raport yang bagus buat seorang kiper. Karena itu, Marc-Andre ter Stegan bisa dijadikan solusi untuk mengawal mistar gawang. Tapi apakah City mampu melunasi tunggakan kiper Barcelona itu yang diketahui bahwa kontraknya akan berakhir pada 2019 mendatang?

4 dari 6 halaman

3. Sergio Busquets

3. Sergio Busquets

Sudah bukan rahasia lagi jika Pep Guardiola sangat menyukai permainan Busquets. Sejauh ini dia adalah gelandang bertahan yang bisa dikatakan sebagai salah satu komponen terpenting Los Blaugrana.

Kendati mendapatkan peran penting, Busquets terlihat seperti mengalami penurunan yang sangat drastis. Terbukti, dari 1.552 menit tampil bersama Barcelona, gelandang bertahan Spanyol berusia 28 tahun tersebut hanya mampu memberikan assist sebanyak satu kali.

Mengacu pada penampilannya tersebut tak salah jika Busquets dapat mengakhiri kebersamaannya dengan Barcelona yang telah terjadi selama 12 tahun tersebut. Dengan mengambil pekerjaan barunya bersama City pada mengingat Guardiola adalah salah satu penggemarnya sejak lama.

5 dari 6 halaman

4. Gerard Pique

4. Gerard Pique

Nama yang satu ini tampaknya layak untuk mendapatkan porsi yang lebih. Pasalnya Manchester City selama ini seperti kedodoran dalam mencari pengganti ideal Vincent Kompany yang sering mengalami cedera.

Pengalaman dan kualitas Pique dalam menjaga pertahanan akan menjadi tambahan yang ideal. Kehadirannya bisa memberikan pelajaran berharga buat pemain muda City, seperti John Stones.

Tapi itu bukan pekerjaan yang mudah buat Guardiola bisa membawa Pique ke Etihad Stadium akhir musim mendatang. Sebab, dia pernah bermain dengan rival sekota mereka Manchester United.

6 dari 6 halaman

5. Neymar

5. Neymar

Pemain berkebangsaan Brasil itu adalah salah satu aset paling berharga buat Barcelona. Tidak hanya tentang kualitas bermainnya saja, tapi Neymar mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan sepak bola Los Blaugrana.

Sulit memang membayangkan Neymar bisa bergabung dengan City mengingat ia telah memperbarui kontrak lima tahun pada Oktober lalu. Tapi yang perlu diingat dalam sepak bola apapun tidak ada yang tidak mungkin dan Pep Guardiola bisa memanfaatkan koneksi Gabriel Jesus untuk menggoda sang pemain hijrah ke Etihad Stadium akhir musim ini.

Namun City akan menunggu status terbaru mengenai kasus yang sedang menimpa Neymar terkait dugaan penipuan (penggelapan) nilai transfer Neymar dari Santos ke Barcelona pada 2013 lalu. Jika Jaksa menemukan bukti kuat maka Neymar terancam dipenjara selama 2 tahun dan denda sebesar 10 juta euro atau sekira Rp141 miliar.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Josep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola
    Josep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola

    Josep Guardiola

Video Terkini