Sukses

Indonesia Berpotensi Dapat Jatah 3 Klub di Kompetisi Asia

AFC memberikan Indonesia jatah 3 klub, tapi dengan syarat.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI mendapat jatah tiga klub yang bisa tampil di kompetisi Asia untuk tahun 2018. Hanya saja, klub-klub yang akan nanti tampil di kejuaraan Asia harus memenuhi 49 kriteria AFC Club Licensing.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington mengatakan, satu klub Indonesia mendapat jatah tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia. Dua klub lainnya bakal lolos langsung ke AFC Cup.

"Ada 49 item untuk menyelesaikan Club Licensing. Ini memutuskan apakah klub bisa lanjut ke AFC Cup atau Liga Champions Asia. Hanya yang punya klub licensing AFC yang bisa tampil di sana," ujar Ade di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

AFC sendiri memberikan waktu kepada klub-klub Indonesia untuk mendapatkan lisensi resmi AFC mulai dari 1 April hingga 31 Oktober 2017. Sejauh ini, baru ada tiga klub Indonesia yang sudah berlisensi AFC, yakni Arema FC, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura.

"Ini bukan beban buat klub, tapi kami ingin membuat mereka lebih profesional," ucap Ade.

Sementara itu, Head of Club Licensing, Mahajan Vasudevan Nair mengatakan, club licensing wajib dilakukan oleh semua klub di Indonesia. Pasalnya, bila tidak terpenuhi, klub-klub PSSI itu tidak bisa tampil di kompetisi Asia.

"Siapa pun juaranya, klub yang tampil di Liga Champions Asia atau AFC Cup  harus memenuhi semua kriteria club licensing. Kalau posisi 1 hingga 3 belum memenuhi kriteria, sedangkan klub posisi 4, 5, dan 6 telah memenuhi kriterianya, maka kesempatan itu bisa digeser," ujar Mahajan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.