Sukses

Liga Champions Jajal Wasit Tambahan

Setelah Liga Europa, kini giliran Liga Champions yang menjajal penggunaan lima wasit dalam sebuah pertandingan. Dua wasit ekstra akan mengawal garis gawang.

Liputan6.com, London: Badan sepakbola yang mengurusi aturan permainan (IFAB) menyatakan, akan terjadi perubahan mendasar untuk pertandingan Liga Champions. Setiap pertandingan nantinya akan menggunakan lima wasit. Dua wasit tambahan akan bertugas memantau garis gawang.

Sistem lima wasit telah dijajal musim lalu di kompetisi Liga Europa. Setelah mapan dan berjalan baik di Liga Europa, kini sitem tersebut akan diterapkan di kompetisi antarklub Eropa terelite. Eksperimen ini nantinya akan ditinjau FIFA untuk jangka lebih panjang lagi.

Sementara itu, penggunaan teknologi yang memonitor garis gawang juga akan dibahas pada pertemuan FIBA, Oktober 2010. Turnamen serupa di Asia dan Amerika Selatan juga akan menggunakan sistem lima wasit bertugas.

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak mendukung penggunaan teknologi yang nantinya akan membantu wasit dalam memutuskan sebuah ketetapan. Akan tetapi insiden gol Inggris hasil tendangan Frank Lampard yang tidak disahkan pada pertandingan kontra Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 membuat Blatter melunak.

Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke menyatakan, insiden gol Lampard yang sudah melewati garis gawang setelah membentur mistar membuat PD 2010 mengalami hari yang buruk. Valcke juga menyebut, PD di Afrika Selatan tersebut akan menjadi turnamen terakhir yang akan menggunakan sistem wasit lama (tiga wasit). Namun tangan kanan Blatter itu menolak menjabarkan detailnya.(DIM/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini