Sukses

Menpora Bangga Indonesia Jadi Penyelenggara Indo MXGP 2017

Menpora menyambut baik olahraga berskala internasional diadakan di Bangka Belitung, dan Sungailiat.

Liputan6.com, Jakarta Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi kejuaraan dunia motocross bertajuk "Indo MXGP Champhionship 2017" yang akan digelar di Pangkalpinang, Bangka Belitung pada 4-5 Maret 2017. Selain MXGP, rencananya Bangka Belitung juga bakal menggelar Sungailiat Triathlon di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada 20-22 April mendatang.

Menpora menyebut even ini membanggakan Indonesia karena merupakan negara ke-3 di Asia setelah Thailand dan Qatar yang dipercaya menjadi penyelenggara.

Menpora menyambut baik olahraga berskala internasional diadakan di Bangka Belitung, dan Sungailiat. Karena, sudah saatnya apapun even olahraga tidak boleh berdiri sendiri namun harus bersinergi dan berkaitan erat dengan pariwisata.

"Apa pun even olahraga baik yang prestasi, rekreasi, maupun extreem, sport wajib bersinergi dengan pariwisata, semuanya harus didorong terkait dengan tourism agar para atlet tumbuh tegak dan menjadi industri olahraga yang besar, " kata Menpora didampingi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi

Menteri asal Bangkalan Madura, Jawa Timur ini juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah dan sponsor sudah siap membantu kegiatan ini. Oleh karena itu, Menpora mendorong daerah lain untuk berani mengembangkan even olahraga yang dipadukan dengan pariwisata.

"Saya melihat ada kesiapan lahir batin pemimpin dan pemerintah daerah Babel serta partisipasi sponsor, hal tersebut saya berharap dapat mendorong keberanian daerah lain untuk dapat membuat even seperti di Babel," kata Menpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seri Kedua

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengapresiasi penyelenggaraan event sport turism internasional tersebut, sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan ini juga bisa dimaksudkan untuk mendukung Program Wonderful dan Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta wisman (wisatawan mancanegara) serta 265 pergerakan wisnus (wisatawan nusantara).

"Event Sport Tourism memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai pemberitaan yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi sangat efektif," ujar Menpar Arief Yahya.

Kejuaraan dunia motocross (MXGP) akan menggelar 20 seri selama tahun 2017. Acara di Pangkalpinang merupakan seri kedua setelah Februari lalu digelar seri pertama di Qatar, yang diikuti lebih dari 27 negara.

Ada tiga kelas yang dipertandingkan di Pangkalpinang yakni MXGP 450cc, MX2 250cc, dan MX Women. Adapun khusus untuk MX Women merupakan seri pertama pada rangkaian Grand Prix 2017.  

Indonesia sendiri akan menurunkan 10 crosser terbaik, dan dua di antaranya adalah pembalap perempuan. Ke-sepuluh pembalap motorcross Indonesia tersebut adalah Andre Sondakh dan Mario Salontahe dari Sulawesi Utara, Yosua Pattipi (Papua), Aldi Lazaroni (Yogyakarta), M. Arjun Wisaksono, Ivan Harry Nugroho, Asep Lukman, dan Rizky Haka (Jawa Tengah). Sedangkan dua pembalap perempuannya adalah Suci Mulyani dari Jawa Timur, dan Sheva Anelia dari Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.