Sukses

5 Pemain dengan Rekor Disiplin Terburuk

Pemain-pemain ini sering mendapat kartu dari wasit.

Liputan6.com, Jakarta Ketika dalam intensitas tinggi dalam sebuah pertandingan, membuat pemain cenderung meluapkan emosinya. Mereka yang tak bisa mengendalikan diri bisa-bisa berakibat fatal, mulai diperingati wasit, sampai diusir keluar. 

Biasanya pemain yang cenderung sulit mengendalikan emosi, sering jadi sasaran empuk  lawan. Mereka sengaja mencoba memantik emosi, yang akhirya bikin pemain itu diperingati wasit.

Pada Liga Inggris, gelandang Everton memegang rekor disiplin terburuk. Setelah tampil di 616 pertandingan Liga Inggris, Barry mengemas 109 kartu kuning dan enam kartu merah.

Selain Barry masih ada beberapa nama lain yang punya rekor disiplin terburuk. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Lee Cattermole

5. Lee Cattermole

Cattermole terkenal punya tipikal kuat, agresif, dan keras dalam bermain. Perannya memang paling disukai sebagai gelandang bertahan.

Pemain Sunderland ini tercatat sudah 32 kali mendapat hukuman kartu. Dia total sudah dapat kartu merah sebanyak 8 kali dalam kariernya.

Bahkan, jika dirata-rata dia sudah melakukan 2,9 pelanggaran per laganya. Saat Gus Poyet jadi bos Sunderland, Cattermole tak pernah mendapatkan kesempatan. Ini karena Poyet tak suka dengan cara kedisiplinan pemain 28 tahun itu.

3 dari 6 halaman

4. Joey Barton

4. Joey Barton

Bukan sebuah hal mengejutkan mengetahui nama Barton masuk daftar ini. Ya, pemain 34 tahun ini memang tak ada habisnya. Bahkan, dia pernah menyerang rekan setimnya.

Sebagai pemain, sebenarnya performa Barton cukup apik. Beberapa klub pernah dibelanya, seperti Marseille, Manchester City, Newcastle United, hingga QPR.

Namun, si gelandang sering jadi sorotan karena aksi disiplinnya. Total. dia sudah menerima 84 kartu dalam karier di Liga Inggris. Dengan rincian, enam kartu merah, dan 78 kartu kuning.

4 dari 6 halaman

3. Roy Keane

3. Roy Keane

Keane sebenarnya punya karier yang luar biasa bersama Manchester United. Dia memenangkan tujuh gelar Liga Inggris, empat Piala FA dan LIga Champipns. Pemain asal Irlandia ini jadi bagian dari wajah MU bersama Sir Alex Ferguson.

Akan tetapi, Keane punya emosi yang tak terkendali. Ada satu momen kala dia bertikai dengan mantan gelandang Arsenal, Patrick Veira. Pertikaian itu jadi terbesar sepanjang persaingan antara MU dan Arsenal,

Keane sendiri pernah menjegal kaki pemain Manchester City, Alf-Inge Haaland pada 2001. Dia bahkan mengaku tak menyesal telah mematahkan kaki Haaland. Sepanjang kariernya, dia sudah menerima 12 kartu merah.

5 dari 6 halaman

2. Patrick Vieira

2. Patrick Vieira

Pemain Prancis ini memiliki karier yang sukses bersama AC Milan, Arsenal, Juventus, Internazionale Milan, dan Manchester City. Dia total memenangkan tuju gelar liga, lima piala FA, dan dua Supercopa Italia.

Namun demikian, Veira cukup buruk dalam hal disiplin. Dia total telah mendapatkan 8 kartu merah di Arsenal.

Rasionya melakukan pelanggaran juga cukup tinggi, yakni 3,7 kali per kartu. Fakta ini tentu seperti melihat sisi lain Vieira.

6 dari 6 halaman

1. Sergio Ramos

1. Sergio Ramos

Semua orang akan mengatakan bahwa sepak bola Inggris sangat keras. Namun, faktanya daftar tertinggi dalam hal indispliner dipegang oleh bek Real Madrid, Sergio Ramos.

Bek asli Spanyol ini jadi salah satu yang tersukses, nyaris semua gelar sudah diborong olehnya. Namun, apa bisa dibilang statistik luar biasa terungkap.

Mantan pemain Sevilla ini telah menerima 21 kartu merah di Madrid. Total, 211 kartu kuning juga dia dapatkan dalam 692 kariernya bersama Sevilla.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.