Sukses

Luis Milla Suka Formasi 4-3-3 Khas Guardiola

Luis Milla kemungkinan besar menerapkan formasi 4-3-3 untuk Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Tangerang - Asisten pelatih tim nasional Indonesia U-22, Bima Sakti, mengungkapkan bahwa pelatih Luis Milla menyukai formasi 4-3-3. Formasi tersebut menurut Bima Sakti identik dengan yang dipakai Barcelona di masa kepemimpinan Pep Guardiola.

Selain itu, Bima menilai, Luis Milla ingin timnya dilatih bermain dengan tempo cepat, lugas dalam menyerang. Dia juga menekankan agar timnya dapat membangun pertahanan dengan baik.

"Milla memang suka formasi 4-3-3. Namun apakah itu akan diterapkan untuk tim nasional Indonesia, ya, tergantung kebutuhan," ujar Bima usai seleksi perdana hari kedua tim nasional di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017), seperti dilansir Antara.

Oleh karena itu, pria asal Spanyol yang pernah bermain di Barcelona dan Real Madrid tersebut ingin menemukan pemain yang bisa menerjemahkan taktik tersebut dalam lapangan. Itu menjadi alasan Luis Milla menerapkan uji coba internal besok (23/2/2017) dalam seleksi Timnas U-22.

"Setelah tiga kali latihan dalam seleksi perdana ini, para pemain memiliki kualitas yang baik dan bisa bermain cepat. Itu membuat kami optimistis," kata Bima.

Dalam seleksi, Luis Milla memang terlihat menitikberatkan umpan-umpan pendek sebagai pondasi membangun serangan.

Pelatih berusia 50 tahun itu menginstruksikan pemainnya untuk menemukan celah agar leluasa mengoper saat menyerang dan melakukan transisi lekas ke posisi bertahan ketika kehilangan bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Seleksi Timnas U-22

Adapun PSSI seleksi hari ini merupakan rangkaian seleksi perdana timnas U-22. Kegiatan itu berlangsung pada 21--22 Februari 2017 dan diikuti 25 pemain pilihan Luis Milla. Hari pertama, Selasa (21/2), kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara untuk hari ini, Rabu (22/2) Februari diadakan dua sesi yaitu pagi mulai pukul 08.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Di hari Kamis (23/2), kegiatan berawal pukul 08.00 WIB dengan menu latih tanding internal.

Pada hari ini, Rabu, di sesi kedua latihan yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, Luis Milla dan tiga asistennya, Miguel Gandia, Eduardo Perez dan Bima Sakti, memberikan menu dari mengoper hingga menembak ke arah gawang.

Namun, Bima menambahkan, latihan sore itu sebenarnya adalah sesi santai tapi serius. "Besok kan ada game internal, jadi kami mau persiapan ke sana. Sore ini latihannya enjoy saja," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini