Sukses

PSSI: Banyak Pemain Indonesia yang Tak Terdaftar di FIFA

Saat ini, PSSI mendata baru 6700 pemain Indonesia yang terdaftar di FIFA.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Kompetisi dan Pembinaan Usia Muda PSSI, Yusuf Kurniawan mengungkapkan sebanyak 6.700 pemain sepak bola sudah teregistrasi di FIFA. Namun angka ini masih terbilang sangat kecil padahal kompetisi di berbagai kelompok umur banyak digelar.

Pada awal tahun 2017 ini, Nestlé Indonesia menjadi starter untuk kompetisi sepak bola level U-12 lewat MILO Football Championship 2017. Ajang ini diakui PSSI sejalan dengan visi dan misi mereka untuk melahirkan bibit-bibit pesepakbola.

"PSSI saat ini memang fokus pada youth development (pengembangan usia dini), apalagi di era kepemimpinan Ketua Umum Edy Rahmayadi. Angka 6.700 pemain yang teregistrasi di FIFA itu angka yang menyakitkan sejujurnya dan kami akan berusaha menambah database tersebut melalui ajang seperti ini," kata Yusuf dalam peresmian MILO Football Championship (MFC) 2017 pada Sabtu (18/2/2017) siang di Kuningan, Jakarta.

MFC edisi ketiga ini mencangkup peserta lebih banyak yakni lebih dari 8 ribu siswa dari 512 sekolah dasar di empat kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, dan Makassar. Dari regional inilah 16 pemain terbaik akan dipilih oleh pencari bakat seperti mantan pesepak bola nasional Zaenal Abidin, Kurniawan Dwi Yulianto, Indriyanto Nugroho hingga eks-tim PSSI Primavera dan Beretti lainnya.

"Kami akan kawal ajang seperti ini karena pemain-pemain terbaik di sini bisa menambah database kami. Mereka nantinya pasti melanjutkan pendidikan ke SSB (sekolah sepak bola) hingga level kelompok umur yang lebih tinggi," ujar Yusuf yang juga komentator sepak bola ini.

"Pemain yang berhasil di Piala AFF 2016 lalu perlu regenerasi dan pemain muda Indonesia punya potensi besar untuk menjadikan timnas lebih berprestasi lagi," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.