Sukses

Prediksi Piala Presiden 2017: Persib Bandung Vs Persiba

Persib tampil kurang menjanjikan di pertandingan pertama Piala Presiden 2017.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung bakal memberikan pembuktian kala menjamu Persiba Balikpapan dalam pekan kedua Grup C, Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (12/2). Tim tuan rumah ingin membuktikan kalau sudah siap dengan skuat barunya ini.

Skuat Maung Bandung memang tampil kurang menggigit saat menghadapi PSM Makassar, 6 Februari lalu. Menguasai jalannya laga dengan 54%, tak ada satu-pun tendangan mengarah ke gawang. Padahal, mereka sudah melakukannya dalam 8 percobaan. Perlu diingat gol Vladimir Vujovic itu tercipta dengan tandukan kepala.  

Melihat skuat yang diturunkan Djadjang Nurdjaman yang lengkap, statistik tersebut tentu menunjukkan ada yang tak beres dalam permainan Persib. Padahal, ada tiga nama baru yang masuk dalam starting XI kemarin, yakni Achmad Jufriyanto, Erick Weeks, dan Shohei Matsunaga.

Tentu melawan Persiba Balikpapan bisa menjadi pembuktian bagi Atep cs. Sebab, tak ada lagi alasan soal persiapan yang mepet. Apalagi, Persiba bisa dibilang menjadi lawan yang cukup tangguh untuk dihadapi.

"Kami tidak bisa anggap enteng Persiba. Apalagi fenomena saat ini kan tim besar belum tentu menang. Kemudian tuan rumah juga belum tentu diuntungkan," ujar Pelatih Persib, Djanur kepada wartawan.

Pernyataan Djanur cukup beralasan. Sebab, beberapa kali tim Beruang Madu memberikan efek kejutnya. Bahkan, Persiba pernah dua kali menang di Bandung. Pertama, saat menang 2-1 pada ISL 2010, kemudian 3-2 di ISL 2012. Ini tentunya jadi alarm bagi Persib plus sekaligus pembuktian mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiba Tanpa Beban

Persiba sendiri akan bermain nothing to lose dalam laga nanti. Pelatih Persiba, Timo Scheunemann, mengaku akan menerapkan strategi bertahan guna meredam agresivitas permainan Persib.

Timo mengatakan, Persiba memang harus menerapkan skema permainan khusus untuk membendung pergerakan pemain Persib yang didukung ribuan suporter. Tim Beruang Madu sepertinya akan menerapkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Marlon da Silva sebagai penyerang tunggal.

“Sudah dilakukan simulasi dalam permainan nanti seperti pemilihan pemain yang main penuh, setengah, sama pemain yang bermain kurang dari setengah,” kata Timo.

Wajar memang, apalagi, Si Jalak Harupat terkenal angker bagi para lawannya. Tercatat, sejak TSC 2016 lalu, Persib belum sekalipun kalah di markasnya itu.

Secara rekor pertemuan sejak 2009 lalu, kedua tim sudah 14 kali bersua. Persib jelas lebih unggul karena sukses memenangi enam laga di antaranya dan hanya lima kali kalah. So, mampukah Persib membuktikan diri dalam laga nanti?

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung: I Made Wirawan; Achmad Jufrianto, ?Henhen Herdiana, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Erick Weeks, Febri hariyadi, Gian Zola, Hariono(c), Shohei Matsunaga, 9-Sergio van Dijk.

Persiba Balikpapan: Kurniawan Kartika Ajie, Abdul Rahman, Absor Fauzi (C), Dedimar Ferreira Das Chagas, Iqbal Samad, Gidion Victor Way, Masahito Noto, Faria Rofanda, Heri Susanto, Marlon Da Silva De Moura, Robi Kriswantoro.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini