Sukses

PSSI Dapat Dana Rp 8 Miliar dari AFC, Timnas Jadi Prioritas

Timnas Indonesia di berbagai level usia akan melakoni sejumlah ajang pada 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal mendapat bantuan dana dari Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC). Itu salah satu poin dari hasil pertemuan antara PSSI dan AFC pada 6-7 Februari 2016 di kantor PSSI, Gran Rubina Epicentrum, Jakarta.

Seperti diketahui, timnas Indonesia di berbagai level usia bakal melakoni sejumlah ajang sejak 2017 hingga beberapa tahun ke depan. Yang paling disorot tentu adalah agenda SEA Games 2017 yang bakal berlangsung di Malaysia.

Meski akan banyak melakukan sejumlah agenda, timnas Indonesia tak perlu khawatir soal permasalahan dana. Pasalnya, AFC mengalokasikan dana sebesar US$ 600 ribu (sekitar Rp 8 miliar) kepada PSSI untuk membantu perkembangan sepak bola Indonesia. Dan, PSSI akan memprioritaskan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan timnas Indonesia.

"Prioritasnya adalah untuk pembentukan timnas. Akan ada beberapa strata usia yang akan bermain pada 2017. Ada U-16, U-19, dan SEA Games. Saya ucapkan terima kasih kepada AFC," tutur Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dalam sesi konferensi pers, Selasa (7/2/2017).

Tersedianya dana untuk timnas Indonesia diungkapkan Sekjen AFC Dato Winsor John. Menurut pria asal Malaysia tersebut, AFC bakal menyediakan dana US$ 300.000 untuk membangun lapangan-lapangan kecil di Indonesia. Untuk hal ini, dana akan diberikan langsung kepada pengelola lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Dana Bantuan

Lalu, PSSI juga bakal mendapatkan bantuan dana US$ 50.000 untuk membeli berbagai perlengkapan sepak bola. Salah satu contohnya adalah untuk membeli peralatan medis timnas. "Bisa juga untuk membeli bola atau jersey. Untuk yang ini bertahap," jelas Dato.

"Per tahun, PSSI juga akan mendapat dana cash US$ 250.000. Tapi, mereka juga harus memenuhi syarat. Mereka bisa menggunakan dana itu untuk pembangunan sepak bola. Tapi, itu juga harus diaudit. Jika AFC tak menerima auditnya, PSSI tak akan mendapatkan dana itu pada tahun depannya," Dato menambahkan.

Dalam pertemuan dengan PSSI, AFC memang menawarkan sejumlah program penting. Sebut saja program League Developtment untuk membentuk liga yang lebih baik. Lalu, ada juga program live streaming untuk kejuaraan-kejuaraan usia muda.

Sebelumnya, PSSI juga mengungkapkan bahwa Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018. Itu adalah kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk tampil di ajang sekaliber Piala Dunia U-20 2019. Syaratnya, Timnas Indonesia harus melaju hingga semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.