Sukses

Piala Presiden: Tandukan Vujovic Bawa Persib Bungkam PSM

Persib mengikuti jejak Persiba yang meraih kemenangan di laga perdana Grup C Piala Presiden.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung sukses meraih hasil positif pada laga perdana Grup C Piala Presiden 2017 melawan PSM Makassar. Di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (6/2/2017), Persib menaklukkan PSM 1-0.

Pahlawan kemenangan Persib adalah Vladimir Vujovic. Aksi sundulannya di menit ke-60 membuahkan gol penentu kemenangan Persib atas tim Juku Eja.

Persib telah mendominasi permainan sejak wasit Abdul Rahman meniup peliut tanda kick off babak pertama. Namun, mereka tak mampu benar-benar membahayakan gawang PSM yang dikawal Rivky Mokodompit.

Serangan Persib yang sebagian besar berasal dari Febri Hariyadi dan Shohei Matsunaga terus dipatahkan para pemain tim Juku Eja. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedua tim tak mampu menciptakan gol.

Situasi itu membuat pelatih Djadjang Nurdjaman melakukan perubahan di awal babak kedua. Gian Zola dan Henhen Herdiana ditarik keluar untuk digantikan dengan Supardi dan Dedi Kusnadar. Keputusan itu memang belum membuahkan hasil di awal babak kedua.

Namun, pada akhirnya Persib bisa memecahkan kebuntuan saat laga memasuki menit ke-60. Adalah Vladimir Vujovic yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mengkonversi bola sepak pojok Dedi Kusndar dengan tandukan kerasnya.

Unggul 1-0 membuat Persib semakin percaya diri. Namun, PSM juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan skor. Di menit ke-68, Hamka Hamzah sampai maju untuk membantu serangan. Ia pun melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi kiper I Made Wirawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang PSM

Di menit ke-75, pelatih Robert Rene Alberts menarik keluar Rasyid Bakri yang terlihat sudah kelelahan. Sebagai gantinya, ia memasukkan Syamsul Haeruddin.

Memasuki menit ke-77, Persib mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Sayang, Shohei yang menerima umpan matang Febri dari sisi kiri serangan Persib gagal mencetak gol meski dalam posisi tak terkawal.

Tersisa waktu sembilan menit di waktu normal, pelatih Djanur menghabiskan jatah pergantian pemain terakhirnya. Ia menarik Erick Weeks yang tak berkutik sejak babak pertama. Sebagai gantinya, ia memasukkan Kim Jeffrey Kurniawan.

Di menit ke-87, PSM yang karena tak mampu menembus lini belakang Persib mulai frustrasi. Ghozali Siregar pun sampai melepaskan tendangan tak terarah dari luar kotak penalti. Padahal, banyak rekan-rekannya yang sudah menunggu untuk menerima operan.

Di menit-menit akhir, PSM mencoba untuk meningkatkan instensitas serangan. Bahkan, Hosseini Pouya sempat memiliki peluang di menit ke-90. Sialnya, tendangan mendatar Pouya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Persib. Hingga akhir laga, keunggulan 1-0 Persib tak berubah.

Susunan Pemain:

Persib: I Made Wirawan; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Hariono, Gian Zola, Erick Weeks, Shohei Matsunaga, Febri Hariyadi, Sergio van Dijk

PSM: Rivky Mokodompit; Wasiat Hasbullah, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Reva Adi Utama, Willem Jan Pluim, Raphael Maitimo, Rasyid Bakri, Ridwan Tawainella, Arfan, Hosseini Pouya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini