Sukses

Jose Mourinho Rela Ambil Resiko demi Piala FA

Mourinho memasang skema 4-2-3-1 dengan Anthony Martial sebagai penyerang tunggal, MU menang 4-0 di Old Traffford atas Wigan.

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho menegaskan tak akan meremehkan Piala FA pada musim ini. Dia berani memperjuangkan ambisi tim meski membuat tim lebih lemah di ajang lain.

Mou membuat sembilan perubahan saat MU menjamu Wigan Athletic pada putaran keempat Piala FA di Old Traffford, Minggu (29/1/2017). Pria asal Portugal tersebut mengistirahatkan pemain langganan starter semisal Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Ander Herrera, Michael Carrick, serta Phil Jones.

Hasilnya memuaskan. Mourinho memasang skema 4-2-3-1 dengan Anthony Martial sebagai penyerang tunggal. MU pun menang 4-0 dan bertemu Blackburn Rovers pada 18 Februari mendatang.

"Saya tidak bisa melakukannya (tak acuh pada Piala FA). Bahkan jika saya seorang manajer klub yang tanpa ambisi, terutama pada Piala FA, saya tidak bisa melakukannya," kata Mourinho dilansir Manchester Evening News.

Pelatih 54 tahun tersebut mengaku belajar dari tahun pertamanya sebagai pelatih di Inggris bersama Chelsea. Saat itu dia merasa melakukan kesalahan karena memilih lebih fokus ke pertandingan Liga Champions melawan Barcelona.

"Kami ke final Piala Liga melawan Liverpool. Pada periode itu kami juga menantang Newcastle di Piala FA dan saya mengabaikannya," tutur Mourinho.

"Tapi Piala FA layak dihormati. Kalau saya merombak tim, saya melakukannya karena harus memberikan peluang pemain lainnya. Saya harus memberikan istirahat untuk mereka," ujar Mourinho.

Seperti Mourinho, beberapa pelatih klub Liga Inggris lain juga melakukan perombakan pada babak keempat Piala FA. Salah satunya adalah Southampton, lawan mereka pada final Piala Liga Inggris, Southampton.

Menghadapi Arsenal, Claude Puel melakukan 10 perubahan di tim. Namun, mereka kemudian dihajar 0-5.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Mourinho