Sukses

5 Bintang Chelsea Paling Bersinar Musim Ini

Chelsea kini memuncaki klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Liputan6.com, London - Chelsea memang jadi fenomena tersendiri di Liga Inggris musim ini. Ya mereka sempat mencapai rekor menang dalam 13 laga beruntun, dan kini masih nyaman di puncak klasemen Liga Inggris.

Tentu, ada pemain-pemain cemerlang di balik aksi Chelsea musim ini. Mereka seperti lahir kembali bersama Antonio Conte, dan menunjukkan performa maksimal dengan formasi 3-4-3.

Musim lalu, memang seperti jadi pelajaran berharga tim milik Roman Abramovich tersebut. Mereka harus menyelesaikan liga di posisi ke-10 sehingga tak lolos ke kompetisi Eropa. Namun, musim ini, ceritanya berbeda.

Kini, dengan 15 laga tersisa, The Blues diunggulkan untuk raih titel Liga Inggris. Tak berlebihan rasanya lantaran mereka cukup unggul jauh di atas pesaingnya, sampai tujuh poin.

Permainan Chelsea sendiri tampaknya lebih hidup. Beberapa pemain seperti unjuk gigi untuk memikat sang manajer. Siapa saja mereka? Berikut pemain Chelsea yang paling meningkat signifikan musim ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Thibaut Courtois

1. Thibaut Courtois

Nama Courtois ada di puncak daftar ini, karena perubahan dari sisi permainan dan sikapnya yang sangat drastis. Kiper Belgia ini datang di bawah banyak kritik musim lalu.

Chelsea kebobolan total 53 gol musim lalu, dan hanya meraih 9 clean sheet. Courtois disinyalir menjadi salah satu penyebabnya. Dia juga menerima 2 kartu merah pada musim lalu.

Tahun ini, dia tampil fantastis. Meskipun tak terlalu sibuk musim ini, nyatanya dia jadi sosok penting The Blues bersama Conte. Buktinya, dia sukses meraih 13 clean-sheet dari 22 penampilan. Penampilan yang paling menonjol kala melawan Sunderland. Ini ketika dia sukses menepis sepakan Patrick Van Aanholt di perpanjangan waktu untuk menjaga 3 poin untuk Chelsea.

3 dari 6 halaman

Victor Moses

2. Victor Moses

Diabaikan manajer sebelumnya, bahkan dipinjamkan ke klub lain sebenarnya sudah jadi hari-hari Moses. Masa depan dia sebenarnya nyaris saja berakhir di klub London Barat itu.

Akan tetapi, kehadiran Antonio Conte mengubah semuanya. Ya, sejak kedatangan manajer Italia itu, Moses menjelma jadi pemain yang krusial untuk The Blues. Sejak dijadikan starter, Moses selalu membawa Chelsea menang.

Diplot sebagai sayap kanan, Moses juga menjalani peran untuk jaga pertahanan. Statistik mencatat, dalam hal bertahan dia sukses melakukan 0,8 tekel, 0,9 intersep, dan 1,5 clearance. Dalam penyerangan, tiga gol dan satu assist sudah dia ciptakan dengan rataan tembakan 1,4 dan dribble 1,7 per laga.

4 dari 6 halaman

Eden Hazard

3. Eden Hazard

Pemain Chelsea yang mengilap musim ini, adalah Hazard. Setelah memenangkan pemain terbaik di musim sebelumnya, Eden Hazard tidak mencetak satu gol pun untuk sisa tahun 2015.

Akan tetapi, berbeda dengan musim ini. Hazard bersama Conte sudah mencetak sembilan gol musim ini. Bahkan, torehan golnya itu sudah melewati jumlah musim lalu, yang hanya catatkan empat gol saja.

Saat ini, gaya permainan yang diterapkan Conte bisa jadi alasan. Sebab, saat ini, dia diberi kebebasan untuk berlari. Berbeda dengan sebelumnya kala Hazard dibebankan untuk bantu pertahanan oleh Mourinho.

5 dari 6 halaman

Pedro Rodriguez

4. Pedro Rodriguez

Pedro tampak sedikit hilang di Chelsea musim lalu. Setelah baru saja tiba dari Barcelona, pemain asal Spanyol itu jelas harus membiasakan diri liga Inggris. Itu dibuat jauh lebih sulit lantaran The Blues kehilangan hampir setiap pertandingan pada saat itu.

Akan tetapi, hal itu berbeda dengan musim ini. Dia bahkan sukses menggeser posisi Willian di tim utama berkat aksinya. Jelas hal itu beralasan, sebab pemain 29 tahun ini melejit dan telah terlibat dalam 10 gol Chelsea di Liga Inggris dengan catatan lima gol dan lima assist.

Kini, Pedro membentuk trisula mengerikan Chelsea di lini depan bersama Hazard dan Diego Costa. Perannya agak lebih mudah karena tak harus turun mencari bola lantaran didukung pergerakan Moses.

6 dari 6 halaman

Diego Costa

5. Diego Costa

Diego Costa tidak terlalu buruk musim lalu, mencetak 11 gol musim lalu tentu jadi buktinya. Tapi masih ada sesuatu yang hilang. Sikapnya bisa dibilang lebih elegan musim ini. Tak ada lagi istilah mengeluh, bertengkar, dan frustrasi.

Perubahan sikap itu membawanya ke dalam performa apik. Saat ini dia memimpin perebutan Sepatu Emas dengan 15 gol. Ini bukan hanya jumlah gol, tapi pengaruhnya di Chelsea lantaran juga sudah menyumbang lima assist.

Striker berpaspor Spanyol itu telah menjadi penentu kemenangan dalam beberapa kesempatan bagi The Blues. Tengok saja saat Chelsea menang 1-0 melawan West Brom, Middlesbrough dan Crystal Palace dalam beberapa bulan terakhir.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini