Sukses

Merasakan Sensasi Angkutan Para Pemain Ski Es

Gondola jadi sarana transportasi vital para pemain ski es.

Liputan6.com, Hakuba - Gondola atau kereta gantung merupakan sarana transportasi vital bagi para pemain ski es. Tanpa ini, mereka akan kesulitan untuk meluncur menyusuri tebing-tebing curam yang membakar adrenalin.

Goryu Ski Resort yang terdapat di Hakuba, Jepang, menawarkan sensasi naik gondola yang berbeda dengan arena-arena lain di kawasan Asia. Kereta gantung bikinan perusahaan Jepang, Japan Cable itu mampu melesat dengan kecepatan 5 meter per detik.

"Gondola yang kami gunakan menggunakan pemutar bebas. Pada saat penumpang naik, lajunya pelan dan saat jalan gondola akan melaju cepat sekali. Ini baru pertama di Asia," kata Presiden Goryu Hakuba Ski Resort, Hideki Ito saat wawancara dengan peserta JENESYS 2016, Escal Plaza, Hakuba, Jepang, Sabtu (28/1/2017).

Para peserta juga mendapat kesempatan untuk menjajal gondola tersebut. Sebelum naik, para peserta dibekali kartu elektronik untuk membuka pintu menuju area yang menjadi lokasi penjemputan.

Gondola cepat milik Goryu Hakuba Ski Resort berbentuk kapsul. Para pemain ski es masuk dari pintu samping yang terbuka saat melintas di area penjemputan. Satu orang petugas ditempatkan di sana. Setiap satu kapsul mampu mengangkut maksimal 6 orang.

Gondola awalnya berjalan pelan. Namun, saat keluar dari area penjemputan, laju kapsul bertambah cepat menyusuri tebing menuju ketinggian 699,64 meter dan tiba di tujuan kurang dari lima menit.

Bagi yang takut ketinggian, menaiki gondola tentu terasa lama. Namun bagi yang menikmatinya, perjalanan terasa cepat mengingat indahnya pemandangan yang terlihat dari dalam gondola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Generasi Kedua

Carter Guy Gerry, pria asal Australia menyambut rombongan wartawan setibanya di lokasi tujuan. Gerry baru dua bulan bekerja di sana mengoperasikan angkutan para pemain ski tersebut.

"Pada dasarnya, tugas saya hanya mengoperasikan gondola saja dan membantu orang-orang yang naik dan turun dari gondola," katanya.

"Gondola beroperasi dari pukul 08.15-16.30 dan saat angin kencang akan ditutup," ujar Gerry menambahkan.

Gondola ternyata tidak khusus bagi pemain ski saja. Para pengunjung biasa juga boleh menggunakannya dengan tiket 5000 yen (dewasa), 4000 yen (remaja), 2700 yen (anak-anak), dan 3200 (di atas 70 tahun) dengan deposit sebesar 500 yen. Saat musim panas, gondola juga dimanfaatkan para pengunjung untuk menikmati kebun bunga di atas gunung Goryu, Hakuba.

Menurut Ito, gondola yang ada saat ini sudah generasi kedua. Gondola sebelumnya beroperasi pada tahun 1973. Sedangkan gondola terbaru dibangun setelah Olimpiade Musim Dingin berlangsung di Hakuba, 1998 lalu.

"Kami punya 10 kereta gantung dan 1 gondola," kata Ito. "Keamanan gondola diawasi oleh badan transportasi Jepang dan kami sudah memenuhi standar keamanan tersebut," kata Ito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.