5 Calon Klub Baru Luis Enrique

Oleh Liputan6 pada 29 Jan 2017, 10:00 WIB
Luis Enrique

Liputan6.com, Barcelona - Masa depan Luis Enrique di Barcelona belakangan memang menjadi teka-teki. Tetapi Enrique tak perlu khawatir jika akhirnya meninggalkan Barcelona, pasalnya banyak klub yang ingin merekrutnya.

Kontrak Luis Enrique dengan Barcelona akan habis akhir musim ini. Tapi Blaugrana masih bersikap santai dan tak mau bicara banyak soal kontrak pelatih asal Spanyol itu.

Sejauh ini Enrique masih bimbang. Dia belum menentukan sikap apakah akan bertahan di klub atau ingin hijrah.

"Saya ingin memberi banyak ketenangan buat Luis Enrique. Saya sangat mengenal dirinya dan saat ia sudah memiliki keputusan, ia akan memberi tahu Presiden dan saya," ujar Sekretaris tim, Robert Fernandez dikutip Soccerway.

Lalu klub mana sajakah yang menjadi kandidat kuat bagi pelabuhan Enrique di masa mendatang. Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

1 of 6

AC Milan

Saat ini, AC Milan memang terus berbenah. Mereka ingin mengembalikan reputasi sebagai klub raksasa Italia dan Eropa.

Mencari pelatih dengan segudang pengalaman tentu menjadi agenda utama Milan. Terlebih dengan kedatangan pemilik baru dengan uang yang melimpah.

Enrique bisa menjadi pilihan utama jika jadi meninggalkan Barcelona musim panas nanti. Apalagi Enrique punya pengalaman di Italia bersama AS Roma.

2 of 6

Borussia Dortmund

Untuk semua kerja keras yang dilakukan untuk klub dalam dua musim terakhir, Thomas Tuchel telah gagal untuk mengulangi pendahulunya, Jurgen Klopp di Signal Iduna Park. Saat ini Dortmund bahkan tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen sementara, Bayern Muenchen.

Luis Enrique bisa membawa dampak yang luar biasa andai direkrut Dortmund. Pria asal Spanyol tersebut akan mewarisi salah satu tim termuda Eropa yang diprediksi mampu mencapai puncak dalam dua tahun ke depan.

Gaya Luis Enrique dengan sepak bola langsung bisa dibilang cocok untuk Dortmund. Punya gelandang tengah kuat, Dortmund bisa saja diaplikasikan menjadi Barcelona-nya Jerman.

3 of 6

Inter Milan

Luis Enrique bisa dibilang bisa mengubah mainset soal Inter Milan saat ini yang dianggap tim underdog. Dia bisa jadi sosok yang tepat menangani Nerazzurri yang terpuruk dalam lima tahun terakhir.

Bersama pemilik dari Tiongkok, uang tentu bukan jadi persoalan. Sehingga permintaan gaji Enrique akan dipenuhi selama bisa membawa prestasi bagi Inter Milan.

Enrique bisa jadi dokter dari penyakit kronis tim sekota AC Milan itu. Terutama dalam masalah mental juara dan kesolidan tim belakangan ini.

4 of 6

Paris Saint-Germain

Mungkin pilihan yang paling aman di daftar ini untuk Enrique adalah raksasa Paris, Paris Saint-Germain. Sebagaimana Pep Guardiola menangani Bayern Muenchen, Luis Enrique bisa melangkah ke Paris untuk menuai sukses di sana.

Ligue1 tidak terlalu sulit untuk diatasi, namun tantangan sesungguhnya adalah membawa PSG juara Liga Champions. Tetapi hal itu tidak membuat Enrique khawatir.

Dia pernah membawa Barcelona juara Liga Champions. Dengan kualitas skuat PSG, dia mungkin hanya mengubah mental dan memperbaiki sedikit lini saja.

5 of 6

Arsenal

Arsenal bisa dibilang menjadi klub yang sangat cocok dengan gaya Enrique. Mereka punya tipe permainan yang sama, yakni memainkan bola dari kaki ke kaki dan menguasai permainan.

Kendati begitu, masalah Arsenal cukup pelik. Mereka sudah lama tidak juara Liga Inggris, bahkan belum pernah juara Liga Champions. Mereka butuh perubahan, dan Enrique bisa jadi sosok yang tepat.

Apalagi skuat Arsenal sebagian besar sedang dalam masa emas. Dan kedatangan Enrique bisa mewujudkan target yang diharapkan. (Indra Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓