Sukses

6 Fakta Menarik Kekalahan Liverpool dari Southampton

Sederet data dan fakta menarik tercipta usai kekalahan Liverpool dari Southampton di Anfield.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool gagal melangkah ke partai final Piala Liga usai kalah tipis 0-1 dari Southampton, pada Kamis (26/1/2017) dinihari tadi. Gol tunggal The Saints dicetak oleh Shane Long pada menit ke-91 dan membuat mereka unggul secara agregat 2-0.

Bermain di Anfield Stadium, Liverpool sebetulnya memiliki penguasaan bola lebih baik dari tamunya, yakni 73 persen dengan 13 total tembakan. Sedangkan Southampton hanya berhasil melepaskan tujuh kali tembakan dan kerap mengandalkan serangan balik.

Gol tunggal tim tamu yang dicetak pada menit ke-90 berawal dari sepak pojok yang dimanfaatkan Josh Sims. Sims menjemput bola dengan berlari sejauh 60 meter dan langsung diumpan kepada Shane Long.

Long, pemain Republik Irlandia 30 tahun tersebut menontrol bola sebentar lalu melepaskan tembakan ke gawang Liverpool. Skor berubah 1-0 dan Soton pun memastikan diri melaju ke partai final.

Dengan pencapaian The Saints ini, praktis final ideal antara Liverpool melawan Manchester United (MU) tak bakal terwujud. Satu kaki MU sudah 'menapak' di Stadion Wembley, venue final, karena mereka telah unggul 2-0 atas Hull City di leg pertama.

Leg kedua semifinal Piala FA antara Hull City melawan MU baru akan digelar pada Jumat (27/1/2017) dinihari di KCOM Stadium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

Sederet data dan fakta menarik tercipta usai kekalahan Liverpool dari Southampton di Anfield. Rekor baru juga tercipta untuk Shane Long yang pernah mencetak gol ke gawang Liverpool pada 2010 di ajang yang sama. Berikut ulasannya.

1. Liverpool kalah dua kali berturut-turut di laga kandang untuk pertama kalinya sejak 2012 di semua ajang. Lima hari lalu, mereka baru saja ditekkuk Swansea dengan skor 2-3

2. Kegagalan Liverpool menjebol gawang lawan di semifinal terakhir kalinya terjadi pada 1970/1971 di ajang Fairs Cup, melawan Leeds United.

3. Gol yang dicetak Shane Long melawan Liverpool adalah yang kedua sejak partai Liverpool versus Reading FC pada 2010. Bermain untuk Reading, Long mencetak gol di babak extra time.

4. Liverpool tak mampu mencetak gol di babak pertama dalam tiga partai kandang terakhir mereka.

5. Southampton akan tampil di final Piala Liga untuk kedua kalinya sejak 1978/1979). Sayang, saat itu mereka hanya membawa pulang gelar runner-up.

6. Southampton tak kebobolan selama 450 menit di Piala Liga musim ini. Mereka menjadi tim pertama, sejak Tottenham Hotspur pada 1981/1982 yang mencapai final tanpada kebobolan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Klub sepakbola asal Inggris yang berbasis di kota Southampton, serta bermain di Liga Premier.
    Klub sepakbola asal Inggris yang berbasis di kota Southampton, serta bermain di Liga Premier.

    Southampton FC

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Southampton