Sukses

6 Pemain Terbaik Barcelona Sepanjang Masa

Para pemain ini turut membesarkan nama Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona tak bisa ditampik lagi merupakan salah satu klub terbesar sepanjang masa. Dalam perjalanan sejarah mereka, beberapa pemain turut membesarkan nama Barcelona.

Sepanjang berkompetisi, Blaugrana total telah memenangkan 24 gelar La Liga Spanyol. Barcelona juga mencetak rekor dengan meraih 28 trofi Copa del Rey.

Belum lagi, 12 Supercopa Espana, lima Liga Champions, lima UEFA Super Cup, hingga empat gelar UEFA Cup Winner. Tentu, dari sekian prestasi yang diukirnya tak lepas dari andil pemain.

Dalam perjalanan, banyak nama-nama tenar menghiasi. Bahkan, pemain seperti Luis Figo, Diego Maradona, hingga Rivaldo tak masuk ke dalam enam pemain terbaik ini.

Lantas siapa saja mereka? Beriku kami  sajikan daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Luis Suarez (1960)

Luis Suarez (1960)

Salah satu yang terbaik adalah Luis Suarez yang bermain pada era 1960-an buat Barcelona. Dia merupakan seorang gelandang elegan yang sentral untuk klub.

Suarez juga jadi pemain Spanyol pertama yang meraih Ballon d'Or. Dia biasa dipanggil El Arquitecto yang dalam bahasa Indonesia diartikan sang arsitek.

Dia juga ikut andil dalam memenangkan dua gelar La Liga, dua cupa del Rey, dan Fairs Cup dalam enam tahun di barcelona. Pada 1961, dia pindah ke Inter Milan sebagai pemain termahal kala itu.

3 dari 7 halaman

Hristo Stoichkov

Hristo Stoichkov

Legenda Bulgaria, Hristo Stoichkov, pernah berada di Barcelona selama tujuh musim. Ia mempersembahkan delapan trofi (enam trofi La Liga & dua trofi Liga Champions) selama berseragam Barcelona. Ia mencatatkan 217 penampilan dan mencetak 105 gol.

Stoichkov merupakan bagian sentral dari tim impian Johan Cruyff yang mendominasi sepak bola Spanyol. Terlebih penting, dia merupakan seorang versatille yang bisa memainkan berbagai peran.

Dia dikenal punya kecepatan, kreativitas, dan kemampuan membaca bola pertama yang dimiliki Barcelona. Sampai saat ini, namanya masih harum untuk publik Catalan.

4 dari 7 halaman

Ronaldinho

Ronaldinho

Ronaldinho berkarier di Camp Nou selama lima tahun. Dia mencatatkan 198 penampilan dan mengumpulkan 91 gol dan 52 assist sebagai gelandang serang dan sayap kiri.

Ronaldinho pernah mendapat predikat sebagai pemain terbaik dunia, karena peformanya yang memukau. Sebagai pesepak bola Brasil, Ronaldinho mempunyai teknik tinggi dalam mengolah bola, tidak jarang para penonton dibuat terpukau karena aksinya melewati beberapa pemain.

Selain handal mendribel bola, Ronaldo juga mempunyai akurasi tinggi dalam mengeksekusi set pieces. Selama berseragam Barcelona, pemain asal Brasil ini mempersembahkan dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions.

5 dari 7 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta

Pemain mungil asal Spanyol ini telah menakjubkan dunia sepak bola sejak tahun 2005 dan tidak ada tanda-tanda dia melambat sampai saat  ini. Dia bermain bak permata yang bermahkota lini tengah Barcelona.

Iniesta hampir memiliki pemahaman soal pergerakan posisi teman-temannya di lapangan. Sama seperti produk muda Barcelona lainnya seperti Guardiola dan Xavi, dia punya bakat alamiah yang sangat luar biasa.

Dia telah memenangkan 29 piala dalam karier bintangnya dan membuatnya pemain Spanyol yang paling sukses sepanjang masa .Iniesta memenangkan pemain terbaik UEFA pada tahun 2012, dan juga dipilih sebagai Pemain Terbaik Liga Champions 2011-12. Dia juga jadi runner-up Lionel Messi pada FIFA Ballon d'Or 2010 silam.

6 dari 7 halaman

Xavi Hernandez

Xavi Hernandez

Salah satu gelandang kreatif terbaik yang pernah dilahirkan oleh Barcelona adalah Xavi Hernandez. Sejak melakukan debut pada 1998, Xavi bak jenderal di lapangan tengah El Barca.

Ia sang pengatur irama permainan Barcelona. Pada musim 2014-2015, gelandang asal Spanyol itu menutup kariernya bersama Barca dengan membawa timnya meraih gelar treble winners.

Setelah itu,pemain jebolan akademi La Masia tersebut memutuskan untuk meninggalkan Camp Nou dan melanjutkan karier bersama Al Sadd.

7 dari 7 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi

Lionel Andres Messi merupakan salah satu pemain terbaik di dunia yang pernah dilahirkan oleh akademi sepakbola Barcelona.

Setelah Ronaldinho Gaucho meninggalkan Camp Nou, Messi pun langsung mewarisi jersey nomor 10 milik pemain asal Brasil tersebut.

Sejak melakukan debutnya pada musim 2005, dia sukses meraih lima gelar Ballon d'Or dan empat gelar Liga Champions yang menjadi bukti ketangguhannya sebagai pesepakbola. Pemain asal Argentina ini merupakan top skorer klub sepanjang masa. Messi berhasil melewati sejumlah pemain legenda seperti Cesar Alvarez dan Laszlo Kubala.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.