Sukses

Italia, Gudangnya Pelatih Berkualitas

Ada beberapa pelatih Italia yang sukses berkarier di luar negeri.

Liputan6.com, Roma - Pelatih legendaris Italia Giovanni Trapattoni menilai negaranya memiliki begitu banyak pelatih hebat. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa pelatih Italia yang sukses berkarier di luar negeri.

Kini, ada beberapa pelatih Italia yang sukses berkarier di luar Italia. Mulai dari Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Roberto Mancini hingga Claudio Ranieri.

Sebelum mereka, Trapattoni lebih dulu sukses di luar negeri. Ia memenangkan banyak gelar di Bayern Munich, Benfica dan Red Bull Salzburg.

Ia juga sempat melatih Timnas Italia dan Republik Irlandia. Trapattoni pun bahagia melihat banyak pelatih Italia yang mengikuti jejaknya.

“Conte menang di Juventus dan kemudian membentuk dirinya sebagai pelatih dengan memulai dari Serie B. Di Inggris, dia tiba setelah pengalaman di Juve dan Timnas Italia. Dia praktis dan efisien, contoh yang sempurna,” kata Trapattoni kepada Corriere dello Sport.

“Setelah Ancelotti memenangkan segalanya di Italia, dia menang di Inggris, Prancis, Spanyol dan sekarang akan melakukannya di Jerman. Dia telah melampaui saya, tak diragukan lagi.”

“Kualitasnya yang hebat mampu menyerap apa yang dia butuhkan dari segala bangsa, tetapi tanpa mengubah filosofi sepak bola. Fakta dia adalah seorang gelandang yang luar biasa selama kariernya juga membantu. Saya ingin dia bermain di tim saya, tapi tidak ada yang pernah menjualnya kepada saya.”

Salah satu pelatih Italia yang bikin kejutan adalah Ranieri. The Tinkerman sukses membawa Leicester City juara Liga Inggris musim lalu.

“Ranieri mencapai hasil yang luar biasa karena ia memenangkan gelar bersama tim yang seharusnya berjuang lolos dari degradasi. Saya mengirim pesan kepada dia: ‘Anda telah melakukan sesuatu yang hebat.’"

“Adapun Mancini, dia telah menang di luar negeri bersama Manchester City. Dia pelatih kelas dunia dan tidak ada yang bisa meragukan itu,” Trapattoni menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.