Sukses

Mantan Pelatih Persipura Tangani Persiba

Mantan arsitek Persipura Jayapura tersebut akan menggantikan peran Jaino Matos.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih asal Brasil Oswaldo Lessa mendapat pekerjaan baru sebagai pelatih Persiba Balikpapan. Lessa sepakat menangani Persiba untuk kompetisi 2017 mendatang usai menjadi staf pelatih Madura United di Torabika Soccer Championship 2016.

Mantan arsitek Persipura Jayapura tersebut akan menggantikan peran Jaino Matos yang hanya membawa tim Beruang Madu finis di peringkat 13 klasemen TSC. Lessa dijadwalkan akan memimpin latihan pertama Persiba pada 15 Januari 2017 di Malang.

"Benar. Saya dikontrak satu tahun. Mulai 15 Januari kami TC di Malang," kata Lessa kepada Liputan6.com pada Rabu (28/12/2016) siang.

Selama menukangi Persiba, dia bakal dibantu oleh mantan asisten pelatihnya di Persipura, Lidyo de Souza. Sayang, setelah mendapatkan pelatih Persiba hingga kini belum memastikan kandang mereka untuk musim depan.

Ada tiga stadion yang berpeluang menjadi homebase tim Kalimantan Timur ini, yakni Stadion Parikesit, Stadion Penajam Paser Utara (PPU) serta Gajayana di Malang.

Parikesit menjadi kandang Persiba Balikpapan pada TSC 2016 dan pemiliknya, PT Pertamina berencana meratakan venue olahraga tersebut demi perluasan kilang minyak. Sementara kondisi PPU masih jauh dari standar kelayakan menggelar kompetisi profesional.

Selain perbaikan rumput stadion dan tribun terbuka, di Penajam Paser Utara belum ada penginapan yang menjadi syarat untuk menampung tim tamu, wasit, hingga perwakilan operator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.