Sukses

5 Fakta Menarik Jelang Laga Portugal vs Latvia

Portugal hanya dua kali bertemu Latvia di kualifikasi Piala Dunia 2006

Liputan6.com, Jakarta Timnas Portugal akan selalu menekan pedal gas mereka untuk bisa berada di puncak klasemen Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018, dan lolos ke Rusia. Karena itu, tidak ada harga tawar untuk hasil pertandingan melawan Latvia di Stadion Algavre, Senin (14/11) dinihari nanti.

Portugal juga tidak boleh terpeleset dalam pertandingan nanti, serta laga-laga berikutnya sampai kembali bertemu Swiss, yang saat ini berada di posisi teratas klasemen. Tuan rumah sendiri punya sejarah bagus menghadapi Latvia yang selalu menang dalam empat pertemuan sebelumnya.

Ditambah lagi, dengan sederet statistik dan fakta menarik lainnya yang jelas membuat Portugal jauh lebih diunggulkan. Pasukan Fernando Santos ini juga kian percaya diri karena tidak adanya pemain yang cedera untuk pertandingan nanti.

Berikut fakta menarik jelang laga Portugal melawan Latvia yang dirangkum Liputan6.com:

1. Portugal hanya dua kali bertemu Latvia di kualifikasi Piala Dunia 2006, dan memenangi seluruh pertandingan itu (2-0 dan 3-0). Dua pertemuan lain terjadi di kualifikasi Piala Eropa 1996.

2. Pelatih Portugal, Fernando Santos sudah empat kali menghadapi Latvia saat menangani timnas Yunani. Santos sukses membawa Yunani meraih tiga kemenangan (dua di kualifikasi Piala Dunia, satu di kualifikasi Piala Eropa) dan sekali imbang.

3. Kapten Portugal Cristiano Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol dalam dua pertemuannya dengan Latvia di kualifikasi Piala Dunia.

4. Pelatih Latvia, Marians Pahars hanya satu kali berhadapan dengan Cristiano Ronaldo pada 31 Januari 2004, namun di level klub. Ketika itu Pahars memperkuat Southampton, sedangkan Ronaldo bersama Manchester United. Southampton kalah 2-3 dari Mu di Liga Primer.

5. Kiper Latvia, Andris Vanins tiga kali menjadi lawan pelatih Fernando Santos saat masih di Yunani. Dalam tiga laga itu, Vanins tidak pernah meraih kemenangan, sekali imbang, kalah dua kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.