Sukses

Prediksi Starter Timnas Indonesia Saat Bertandang ke Myanmar

Lini belakang Timnas Indonesia kemungkinan akan dirotasi.

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba ketiganya dengan melawan tuan rumah Myanmar di Stadion Thuwanna YTC, Jumat (4/11/2016) sore WIB. Ini merupakan laga tandang pertama Tim Garuda sebagai persiapan sebelum Piala AFF 2016 19 November-17 Desember mendatang.

Dalam lawatannya ke Myanmar, Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, membawa 23 pemain, dan hanya meninggalkan kiper Jandia Eka Putra. Sedangkan Irfan Bachdim yang tidak ikut dalam pemusatan latihan di Karawaci akan bergabung bersama tim di Yangon, Myanmar.

Ada beberapa pemain baru yang dipanggil seperti Gunawan Dwi Cahyo, Rizky Pellu, dan Bayu Gatra Sanggiawan. Sedangkan dua gelandang Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly bakal absen kontra Myanmar, karena tidak mendapatkan izin mengingat laga uji coba kali ini tidak masuk dalam FIFA matchday.

Sementara untuk Lilipaly baru bisa bergabung dengan timnas Indonesia pada 6 November 2016, lantaran tanggal 4 November masih ada jadwal bertanding di Liga Belanda.

Berkaca pada laga uji coba ketika melawan Malaysia dan Vietnam, Riedl tampaknya akan kembali memakai formasi 4-4-2. Duet Boaz Solossa dan Irfan Bachdim yang sudah terbukti padu ketika melawan Malaysia dan Vietnam akan kembali diandalkan. Pada laga melawan Malaysia, Boaz mampu mencetak dua gol sedangkan Bachdim satu gol.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ferdinand Alternatif

Sedangkan ketika melawan Vietnam, Bachdim kembali mencetak satu gol. Meski begitu, bisa saja duet striker ini bakal diubah mengingat Bachdim baru saja pulih dari cedera hamstring. Jika Bachdim dianggap belum pulih, Ferdinand Sinaga bisa dijadikan alternatif untuk menemani Boaz di lini depan.

Di lini tengah bakal ada sedikit perubahan. Duet Evan Dimas Darmono dan Bayu Pradana kemungkinan bakal kembali diandalkan sebagai double pivot yang menjaga kestabilan di lini tengah. Bayu kemungkinan akan menjadi gelandang yang difokuskan bertahan, sementara Evan ditugaskan sebagai playmaker.

Andik kemungkinan besar masih absen, dan posisinya akan digantikan oleh Bayu Gatra, yang bermain sangat apik bersama Madura United di turnamen domestik. Sementara di sisi sayap kiri, Zulham Zamrun yang sempat mencetak gol ketika melawan Vietnam akan kembali diandalkan.



Lini belakang diprediksi menjadi area yang bakal dirotasi oleh Riedl. Duet bek tengah Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin Wahyudi yang selalu diandalkan di laga uji coba sebelumnya, bisa saja di antara pemain tersebut diganti oleh Gunawan Dwi Cahyo yang tampil menawan bersama Persija Jakarta.

Untuk full-back, kemungkinan akan tetap diisi Benny Wahyudi di kanan dan Abdul Rahman di kiri. Ada pun posisi kiper dapat tetap dipercayakan kepada Andritany Ardhyasa.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhyasa; Abdul Rahman, Rudolof Yanto Basna, Gunawan Dwi Cahyo, Benny Wahyudi; Bayu Gatra, Evan Dimas, Bayu Pradana, Zulham Zamrun; Irfan Bachdim, Boaz Solossa

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.