Sukses

Singapura Andalkan Pemain Berpengalaman di Piala AFF 2016

Singapura akan bergabung bersama Indonesia, Fililina, dan Thailand di Grup A Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Singapura menjadi salah satu negara paling sukses di Piala AFF 2016. Sejak pertama kali bergulir dan masih menyandang nama Piala Tigers, The Lions sudah 4 kali menjadi juara, yakni 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Tahun ini, Singapura bakal berada di Grup A bersama Indonesia, Thailand, dan tuan rumah Filipina. Pelatih The Lions, Varadaraju Sundramoorthy, mengaku mengutamakan pemain-pemain yang punya pengalaman di turnamen ini. Artinya, pelatih berusia 51 tahun itu tidak perduli bila pemain yang tersedia sudah berumur. 

Sundramoorthy masih melibatkan pemain-pemain veteran sekelas Fahrudin Mustafic, Daniel Bennett, Baihakki Khaizan, dan Shahril Ishak. Sedangkan sisanya terdiri dari pemain yang berusia 25-29 tahun.

Indonesia sebenarnya punya rekor yang bagus bila bertemu Singapura. Dari 51 pertemuan, Indonesia menang 25 kali, seri 8 kali, dan kalah 18 kali. Meski demikian, The Lions beberapa kali jadi sandungan bagi Tim Merah Putih. Salah satunya saat final Piala Tiger (sekarang Piala AFF) 2004. Saat itu Indonesia dua kali kalah dari Singapura. Di SUGBK, Indonesia kalah 1-3. Sedangkan di Singapura, Indonesia kalah 1-2.

Shahril Ishak merupakan pemain yang perlu diwaspadai timnas Indonesia. Penyerang berusia 32 tahun itu cukup mengenal gaya sepak bola Indonesia lantaran pernah bergabung bersama Persib Bandung. Saat ini Ishak bermain bersama Johor Darul Takzim II.

Kemudian ada Fahrudin Mustafic. Mesti sudah berusia 35 tahun, gelandang naturalisasi Serbia ini tetap menjadi andalan. Dia juga pernah bermain di Indonesia bersama Persija Jakarta dan Persela Lamongan.

Di lini belakang ada Bennett dan Baihakki Khaizan. Bennett sudah berusia 38 tahun tapi masih diandalkan. Sedangkan Khaizan berusia 32 tahun dan pernah berkiprah di Indonesia bersama Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Medan Chiefs.  

Skuad Sementara Singapura
Syazwan Buhari, Khairulhin Khalid, Izwan Mahbud, Zaiful Nizam, Hassan Sunny, Muhammad Al Qaasimy,
Safuwan Baharudin, Daniel Bennett, Shaiful Esah, Mohammed Hameed, Shakir Hamzah, Juma'at Jantan, Baihakki Khaizan, Madhu Mohana, Abdil Mutalib, Afiq Yunos, Zulfadli Abidin, Hafiz Abu Sujad, Shawal Anuar, Zulfahmi Arifin, Yasir Hanapi, Hariss Harun, Shahril Ishak, Firdaus Kasman, Anumanthan Mohan, Fahrudin Mustafic, Nazrul Nazari, Hafiz Nor, Gabriel Quak, Faris Ramli, Azhar Sairudin, Izzdin Shafiq, Safirul Sulaiman, Shahdan Sulaiman, Irfan Ahmad, Khairul Amri, Mohamed Iqbal, Khairul Mohammad Kamal

Rekor Indonesia vs Singapura
Total main: 51
Indonesia menang: 25
Seri:8
Singapura menang: 18



(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini