Sukses

Siapa Lebih Tajam, Barcelona atau Madrid?

Untuk sementara Trio MSN milik Barcelona lebih unggul ketimbangkan Trio BBC punya Madrid.

Liputan6.com, Barcelona - Setiap Kalender kompetisi La Liga Spanyol 2016/2017 resmi diumumkan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Yang langsung menjadi sorotan utama adalah jadwal El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid.

Laga pertama El Clasico akan berlangsung di Camp Nou pada 4 Desember 2016 mendatang. Sementara pertemuan kedua rencananya akan berlangsung di markas Madrid pada 23 April 2017. Walaupun duel klasik itu masih lama, namun perbandingan pemain seringkali menjadi sorotan media.

Terutama ketika berbicara mengenai lini serang kedua tim. Barcelona misalnya, mereka memiliki Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar atau yang disebut trio MSN. Sedangkan Real Madrid kebetulan memiliki trio Eropa, yakni Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo atau dikenal dengan sebutan trio BBC.

Lalu, penyerang manakah yang lebih tajam antara MSN atau BBC di La Liga Spanyol dan Liga Champions? Berikut adalah fakta dan data mengenai perbandingan trio MSN dan BBC seperti dikutip dari Sportskeeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Urusan Gol

Di La Liga, MSN telah mencetak 18 gol dengan rincian Suarez (7), Messi (7), dan Neymar (4) dalam delapan pertandingan di musim ini. Berbeda ketika mereka tampil di Liga Champions.

Pada kompetisi bergengsi antarklub Eropa, trisula Amerika Selatan ini telah mencetak 10 gol. Messi (6), Neymar dan Suarez masing-masing mengemas dua gol. Jika dibandingkan, trio Eropa Madrid kurang begitu menggigit di musim ini.

Dari delapan pertandingan di musim ini, trio BBC baru mengoleksi sembilan gol. Ronaldo (2), Bale (3) dan Benzema (4). Sementara di Liga Champions, mereka baru mengoleksi sembilan gol.

3 dari 4 halaman

2. Assist Terbanyak

Mengenai urusan assist, trio MSN masih menguasai. Di Liga Spanyol ketiga pemain Barcelona sudah menciptakan delapan assist. Suarez mencetak empat assist, sedangkan Neymar dan Messi dua assist.

Sementara di Liga Champions, MSN sudah mengumpulkan 9 assist di mana 5 umpan matang diciptakan oleh Neymar. Sedangkan Suarez dan Messi baru berkontribusi sebanyak dua kali.

Berbeda dengan senjata utama Barcelona, trio BBC terbilang kurang bagus dalam memberikan umpan. Total di dua kompetisi berbeda (Liga Spanyol dan Liga Champions) mereka baru mengoleksi lima. Di mana empat assist sudah disumbangkan Ronaldo, dan satu tambahan dari Bale.

4 dari 4 halaman

3. Rapor MSN Vs BBC

Secara keseluruhan penampilan trio MSN dan BBC di La Liga dan Liga Champions 2016-2017 menunjukkan penyerang Barcelona lebih baik ketimbang trio Madrid. Terutama ketika melihat penampilan individu.

Namun, tentu, ini bukan jaminan Barcelona akan begitu saja mengalahkan Madrid. Sebab, masih banyak faktor yang akan menentukan di lapangan, apalagi untuk sekelas laga El Clasico.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.