Sukses

Italia Vs Spanyol: Buffon Merasa Aneh Bertemu Tim Matador

Timnas Italia akan berhadapan dengan Spanyol pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Italia akan bersua Spanyol pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 di Juventus Stadium, Jumat (7/10/2016) WIB. Dalam pertandingan ini, Tim Matador tidak akan diperkuat oleh kiper veteran Iker Casillas.

Posisi mantan kiper Real Madrid itu telah digantikan oleh juniornya, David de Gea sejak Euro 2016 lalu. Di bawah pelatih baru Julen Lopetegui, Casillas bahkan tidak dilibatkan sama sekali termasuk melawan Italia.

Penjaga gawang Italia, Gianluigi Buffon ikut angkat bicara terkait absennya Casillas. "Benar-benar terasa terlihat aneh," kata Buffon dalam jumpa pers saat ditanya mengenai absennya Casillas. "Ini merupakan pertanda kalau kami kini berpacu dengan waktu," kata penjaga gawang Juventus itu menambahkan.

Gianluigi Buffon merasa aneh hadapi Spanyol tanpa Casillas.

Casillas dan Buffon memang tidak jauh berbeda. Keduanya merupakan kiper veteran yang sarat pengalaman. Pekan lalu, Casillas yang kini memperkuat Porto telah tampil sebanyak 1.020 kali saat bertemu Nacional dan menjadi kiper dengan penampilan terbanyak di ajang kompetitif menyamai Andoni Zubizarreta.

Sementara Buffon sendiri sudah mengantongi 163 caps bersama Italia dan akan berusia 40 tahun saat Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. "Kami sudah mendekati akhir karier, di mana itu normal. Saya ingin menikmati keikutsertaan saya sejauh mana yang saya bisa. Saya tidak menyesal dan saya masih bisa berkembang."

Buffon juga ikut ambil bagian saat Italia mengalahkan Spanyol 2-0 pada Euro 2016 lalu. Dan dia mengingatkan agar rekan-rekannya tetap waspada saat bertemu tim Matador di Turin, Jumat ini. "Saya tidak memiliki ingatan yang cukup jelas mengenai pertemuan pada Euro 2016 lalu," kata Buffon.

Iker Casillas tidak lagi memperkuat timnas Spanyol.

"Kemenangan itu juga tidak membuat kami arogan. Kami harus menjaga kaki kami tetap berada di lapangan dan tetap mengingat bahwa kerendahan hati juga membantu kami untuk menang," beber Buffon.

Meski demikian, Buffon tetap mengingatkan pentingnya laga melawan Spanyol. Sebab hasil ini juga bakal mempenharuhi langkah mereka menuju babak utama Piala Dunia 2018. "Kami masih satu setengah tahun lagi dari Piala Dunia, tapi kami menyadari pentingnya pertandingan ini (lawan Spanyol," katanya.

Sementara itu, menghadapi Italia berarti Buffon berharap tidak bertemu mantan rekan setimnya di Juventus, Alavaro Morata. Namun Buffon juga mengingatkan, Spanyol masih punya Diego Costa.

"Saya akan sangat senang Alvaro tidak tampil--dia selalu terlihat mampu menjadi penentu dalam laga-laga besar. Diego Costa absen di Paris dan (Giorgio) Chiellini juga bakal absen, tapi masih ada 10 pemain lainnya dari masing-masing tim," Buffon mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini