Sukses

Geliat Sepak Bola Madura di Tahun 2016

Tiga klub asal Madura meraih prestasi cemerlang sepanjang tahun 2016.

Liputan6.com, Jakarta- Sepak Bola Madura sedang bergeliat. Pasalnya, tiga tim asal Pulau Garam diketahui mampu berbicara banyak pada kompetisi di Indonesia saat ini.

Ketiga tim tersebut adalah Madura United yang berlaga di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, dan Persepam Madura United serta Perssu Super Madura yang berkompetisi di Indonesia Soccer Championship B.

Madura United saat ini menjadi pemuncak klasemen TSC 2016 dengan koleksi 40 poin. Mereka unggul satu poin dari Arema Cronus yang berada di posisi kedua dengan 39 poin.

Hebatnya lagi, Madura United juga mampu menjadi tim kedua terproduktif di TSC 2016 dengan koleksi 34 gol. Mereka hanya kalah dari Sriwijaya FC yang menjadi tim paling subur dengan 38 gol.

Hal ini tentu tak terlepas dari ketajaman striker Sapeh Kerab, Pablo Rodriguez Aracil. Penyerang asal Spanyol itu berada di puncak klasemen top skorer bersama Luis Carlos Junior (Barito Putera) dan Marcel Silva Sacramento (Semen Padang) dengan koleksi 12 gol.

Tak sampai disitu, Madura United tercatat juga sempat mencatatkan 10 laga tanpa terkalahkan. Catatan ini sekaligus menjadikan Madura United sebagai tim dengan rekor pertandingan tak terkalahkan terpanjang di TSC 2016.

Beralih ke kompetisi ISC B, dua tim asal Madura, Persepam Madura United dan Perssu Super Madura juga mencatatkan prestasi mengesankan. Kedua tim tersebut berhasil melaju ke babak 16 besar ISC B.

Persepam berhak meraih tiket ke babak 16 besar usai menjadi runner-up di Grup 6 dengan koleksi 18 poin. Mereka hanya kalah dari Persik Kediri yang berada di puncak klasemen Grup 6 dengan 26 poin.

Sementara Perssu mampu tampil lebih hebat setelah lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup 7 dengan koleksi 19 poin. Hebatnya lagi, Perssu juga mampu menciptakan 20 gol hanya dari delapan pertandingan.

Menariknya, di babak 16 besar kedua tim asal Pulau Garam ini tidak tergabung dalam satu grup. Dari hasil pengundian yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (17/9/2016), Perssu tergabung di Grup A bersama PSCS Cilacap, PSIM Yogyakarta, dan Persiraja Banda Aceh.

Sementara Persepam tergabung di Grup B yang merupakan grup neraka pada babak 16 besar. Persepam harus bersaing dengan Persita Tangerang, Kalteng Putra dan PSS Sleman.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.