Sukses

Piala AFF 2016: Meraba Kekuatan Thailand U-19

Malam ini, Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Thailand U-19 di lanjutan fase grup Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand U-19 pada lanjutan Grup B Piala AFF 2016 di Stadion Hang Day, Rabu (14/9/2016). Laga ini dipastikan bakal menjadi sulit bagi Garuda Muda karena Thailand U-19 merupakan juara bertahan.

Thailand U-19 dianggap sebagai salah satu favorit juara Piala AFF 2016 untuk usia di bawah 19 tahun ini. Hal itu tak terlepas karena tim asal Negeri Gajah Putih ini memiliki persiapan yang sangat matang.

Seperti diketahui, nyaris semua pemain yang berhasil membawa Thailand U-19 juara Piala AFF 2015 masih berada dalam skuat. Tak hanya itu, Thailand U-19 juga masih dilatih oleh Anurak Srikerd pada gelaran tahun ini.

Jika dilihat, Thailand U-19 memiliki kekuatan utama di sektor lini serang. Hal tersebut dibuktikan ketika Thailand U-19 berhasil lolos dari Grup A pada gelaran Piala AFF 2015, dengan mencetak 18 gol dan kebobolan dua gol hanya dari empat laga.

Penyerang Thailand U-19, Worachit Kanitsrimbampen, mampu menyabet gelar top skorer dengan mencetak enam gol. Selain itu dua pemain lain Suksan Mungpai dan Ritthidet Phensawat, berada di posisi kedua top scorer dengan torehan empat gol.

Menariknya, Worachit dan Suksan masih memperkuat Thailand U-19 pada gelaran Piala AFF 2016. Hal ini tentu akan menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan Indonesia jelang bentrok. Apalagi Worachit juga telah mencetak satu gol ketika Thailand menang 2-1 atas Laos U-21 di laga pertama Grup B.

Tak hanya lini serang yang menjadi kekuatan utama Thailand U-19, lini pertahanan skuat berjulukan Gajah Putih ini juga sangat solid. Terbukti, pada gelaran Piala AFF 2015, pertahanan Thailand hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen.

Beruntung pada Piala AFF tahun ini, pertahanan Thailand tampaknya tak sekuat tahun lalu. Sebab, pada laga pertama mereka telah kebobolan dari Laos U-21. Selain itu, pada laga uji coba melawan Myanmar, Thailand juga sempat kebobolan satu gol pada laga yang berkesudahan dengan skor akhir 1-1, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan ulasan di atas dipastikan Indonesia U-19 akan menghadapi lawan yang berat. Apalagi dari segi persiapan Indonesia U-19 juga sangat jauh tertinggal dari Thailand U-19.

Meski begitu, Indonesia U-19 tetap memiliki peluang untuk mencuri poin karena memiliki lini depan yang berbahaya. Bahkan pelatih Thailand U-21, Srikerd secara terang-terangan mewaspadai ancaman lini serang Indonesia yang diisi oleh Dimas Drajad dan Pandi Lestaluhu.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini