Sukses

Blunder Kiper, Timnas Indonesia U-19 Takluk dari Myanmar

Pandi Lestaluhu dan Sandi Pratama mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-19 menyerah 2-3 dari Myanmar U-19 dalam laga perdana Grup B Piala AFF 2016 di Hanoi, Vietnam, Senin (12/9/2016). Saling berbalas gol terjadi di babak pertama, sebelum blunder kiper pengganti membuat Timnas U-19 kalah.

Mengawali babak pertama, kedua tim masih mencoba membaca permainan lawan. Setelah 10 menit pertama, Myanmar mulai berani menusuk pertahanan Indonesia, meski belum ada yang berbahaya.

Namun, pada menit ke-11 gawang Timnas U-19 mesti jebol oleh Aung Kaung Mann, salah satu pemain andalan Myanmar U-19. Gol itu membuat Indonesia tertinggal 0-1 dari Myanmar U-19.

Hanya berselang lima menit, Indonesia U-19 mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Pandi Lestaluhu. Umpan direct diterima Pandi dan mengecoh kiper Myanmar U-19, Naing, sebelum menceploskan bola.

Laga berlangsung kian sengit, kecepatan menjadi andalan Myanmar U-19 untuk menembus pertahanan pasukan Eduard Tjong. Pada menit ke-27, Myanmar U-19 kembali memimpin 1-2 lewat Zwe Thet Paing.

Tertinggal, Indonesia U-19 mulai lebih bermain ofensif demi bisa menyamakan kedudukan. Benar saja, Sandi Pratama mampu membuat skor menjadi 2-2 pada menit ke-43. Skor 2-2 bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Indonesia U-19 menggebrak dengan serangan cepat, tapi Naing masih tangguh di bawah mistar gawang Myanmar U-19. Malah gawang Indonesia yang kebobolan pada menit ke-56, sehingga menjadikan skor 2-3.  

Gol Myanmar tercipta, karena blunder kiper Satria Tama, yang tidak menangkap bola tembakan Shwe Ko dengan sempurna. Bola masuk ke gawang Indonesia U-19 melalui kolong kaki Satria Tama.

Indonesia U-19 berusaha keras mengejar ketinggalan dari Myanmar U-19. Serangan demi serangan dilancarkan oleh Dimas Drajad dan kawan-kawan, sejumlah peluang pun tercipta pada 10 menit terakhir laga usai.

Seperti melalui Pandi Lestaluhu dan Ramdani, namun usaha itu bisa digagalkan kiper Myanmar. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Indonesia U-19 tetap kalah 2-3 dari Myanmar U-19.

Susunan Pemain:

Myanmar U-19: Naing; Thu, Aung, Tun, Moe Kyaw; Hitun Thit, Yan, Thu; Paing, Ko, Mann.

Indonesia U-19: Riyandi (Satria Tama 23); Habibi, Satriya, Nugroho; Bahar, Lestaluhu, Sjahbandi, Wardana (Alwi Slamat 79); Drajad, Pratama (Nevy Alexander 66), Ramdani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini