Sukses

Pimpin Klasemen, Marquez Ungkap Kelemahan Honda

Kelemahan motor Honda bisa digunakan oleh Valentino Rossi ataupun Marc Marquez.

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez dan Repsol Honda masih unggul di klasesmen MotoGP 2016. Meski demikian, Marquez masih merasa ada kekurangan yang dirasakan dengan motor Honda RC213V yang ditungganginya.

Marquez dan bos Repsol Honda, Shuhei Nakamoto, menegaskan bahwa timnya tak bermasalah dengan ban Michelin. Mereka saat ini bermasalah dengan setelan perangkat elektronik atau ECU.

Marquez mengatakan, setelan yang tidak pas pada ECU menyebabkan ban motor sering wheelie atau terangkat.

"Yang saya lakukan, yaitu mengerem pada ban belakang saat berada di trek lurus agar bisa menahan ban supaya tidak terangkat," kata Marquez seperti dikutip Motorsports.com.

Tentu aksi Marquez itu tidak menguntungkan. Alih-alih geber motor di trek lurus, dia malah harus sedikit menahan laju motor.

"Tahun lalu kami gunakan perangkat elektronik buatan sendiri, jadi setelan tidak masalah. Namun dengan ECU baru, Anda harus punya data yang pasti. Kadang bisa, kadang tidak bisa. Kebanyakan kami sulit menemukan data yang pas," ujar pembalap asal Spanyol itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini