Sukses

Dari Divisi Tiga, Antonio Dipanggil Timnas Inggris

Antonio baru memulai debutnya di Liga Premier pada musim 2015/2016.

Liputan6.com, London - Ada yang aneh dari daftar Timnas Inggris pilihan pelatih Sam Allardyce. Itu karena munculnya nama Michail Antonio, gelandang West Ham United. Ini adalah kali pertama pemain kelahiran 28 Maret 1990 itu menerima panggilan untuk memperkuat timnas.

Allardyce baru saja merilis daftar skuat Inggris yang dipersiapkan untuk laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Slovakia di Stadion Antona Malantinskeho, 4 September 2016. Ini akan menjadi laga perdana Allardyce sebagai pelatih The Three Lions.

Meski baru akan melakoni debutnya, Allardyce sudah menciptakan kejutan saat mengumumkan 23 pemain yang akan dibawanya. Selain meninggalkan Marcus Rashford, pahlawan terbaru Manchester United, Allardyce juga memanggil debutan Antonio.

Bagi jagat sepak bola Inggris, nama Antonio tentu masih jarang terdengar di telinga. Itu karena Antonio juga tercatat sebagai pendatang baru di Liga Premier Inggris. Sebelum berkostum West Ham, Antonio sempat menjalani petualangan bersama tim-tim medioker.

Ia adalah pemain yang menimba ilmu bersama Tooting & Mitcham United, klub semi-profesional yang berbasis di London. Sejak 2008, ia sudah hijrah ke Reading. Namun, kariernya di Reading tak berjalan mulus. Sebab Antonio harus menjalani masa peminjaman di berbagai klub.

Ironisnya, sebagian besar klub yang dibela Antonio adalah tim antah berantah. Mulai dari Cheltenham Town, klub Divisi Tiga, Colchester United, hingga Sheffield Wednesday. Kariernya baru terselamatkan setelah ia dibeli Nottingham Forest pada musim panas 2014 dengan biayar 2 juta euro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Debut di Liga Premier

Semusim berselang, West Ham merekrutnya dengan mahar 9,5 juta euro. Ternyata, penampilan Antonio melebihi ekspektasi meski baru pertama kali tampil di Liga Premier. Dari 38 laga di musim 2015/2016, Antonio mencetak 13 gol dan 6 assist. Kontribusinya membawa West Ham finis di urutan ketujuh klasemen Liga Premier musim lalu.

Aksi impresifnya terus berlanjut di musim ini. Setelah mencetak satu gol dalam kemenangan 1-0 atas Bournemouth, Antonio juga menyumbang satu gol saat The Hammers kalah 1-3 dari Manchester City di Etihad Stadium, Minggu (28/8/2016). Ternyata, gol itu justru memberikan hadiah fantastis bagi Antonio.

Proses terjadinya gol West Ham ke gawang Manchester City yang dicetak Michail Antonio. Kekalahan ini membuat The Hammers turun ke peringkat 12 klasemen Premier League. (Reuters/Carl Recine)

"Ia dalam bentuk yang luar biasa. Ini adalah perjalanan besar baginya. Dari non liga, sekarang ia menerima panggilan timnas. Ia mencetak banyak gol di musim perdananya. Ia pemain hebat, seorang pengumpan yang baik, dan pencetak gol," kata Allardyce seperti dikutip situs resmi FA.

"Saya tak sabar agar ia datang dan saya berharap segera bertemu semua orang. Mudah-mudahan kita memiliki persiapan yang bagus dalam beberapa hari dan mengenal satu sama lain untuk menang di Slovakia."

Meski begitu, Antonio tetap harus bekerja keras jika ingin mendapat kesempatan untuk mencicipi debutnya bersama Inggris. Pasalnya, ia akan mendapat persaingan sengit dari pemain-pemain seperti Theo Walcott, Dele Alli, Eric Dier, Jordan Henderson, Adam Lallana, hingga Danny Drinkwater.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini