Sukses

Jelang Debut, Pengganti Rio Haryanto Puas dengan Kinerja Manor

Ocon sempat mengasapi Pascal Wehrlein pada latihan bebas pertama GP Belgia.

Liputan6.com, Stavelot - Sesi latihan bebas satu dan dua Formula 1 GP Belgia 2016 sudah dilahap pengganti Rio Haryanto di Manor Racing, yakni Esteban Ocon. Hasil pada dua sesi latihan itu dinilai cukup memuaskan.

Ocon sama sekali tak grogi meski baru akan melakoni balapan pertamanya di lintasan F1. Hal itu terlihat dari catatan waktu yang didapat Ocon saat beraksi pada latihan bebas di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat (26/8/2016).

Pada latihan bebas pertama, Ocon langsung tampil mengejutkan dengan duduk di urutan ke-16. Bahkan, catatan waktunya jauh lebih baik dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein, yang duduk di urutan ke-19.

Sayang, kecepatannya justru menurun pada latihan bebas kedua. Kali ini Ocon hanya bisa menempati posisi ke-21. Ia kalah cepat dari Wehrlein yang melesat ke urutan ke-11. Namun, Ocon masih lebih cepat dari pembalap Sauber, Felipe Nasr.

"Semuanya bekerja dengan sempurna. Itu bagus untuk membiarkan saya mengemudi setelah begitu banyak wawancara dan membuat pengaturan untuk akhir pekan ini. Dan, saya benar-benar senang dengan hasil itu," kata Ocon seperti dilansir Facebook Manor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Mengenal Mobil

Ocon mengaku dua sesi pertama latihan bebas dimanfaatkan untuk mengenal karakter MRT05 dan ban. Pada latihan bebas pertama, Ocon menjajal ban supersoft. Menurut Ocon, keputusan itu telah menghasilkan hal yang positif.

"Saya lebih mengenal segala sesuatu tentang mobil. Ya, saya kehilangan sedikit waktu pada latihan sore. Tapi kami sudah melakukan apa yang ditetapkan sejak awal. Saya yakin bisa lebih kuat untuk sesi selanjutnya," tutur Ocon.

GP Belgia akan menjadi seri perdana F1 2016 tanpa kehadiran Rio. Seperti diketahui, Manor memutuskan untuk mencopot status pembalap utama Rio dan memberikannya kepada Ocon.

Situasi itu harus dihadapi Rio setelah tak mampu memenuhi komitmennya mengenai biaya yang harus disetor kepada Manor. Dari total kesepakatan 15 juta euro, Rio hanya mampu memberikan 8 juta euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.