Sukses

Strategi Ban Jitu, Marquez Bikin Rossi Was-was

Kemenangan terakhir Rossi di Brono didapat pada musim 2009.

Liputan6.com, Brno - Sesi latihan bebas kedua MotoGP Republik Ceko dimanfaatkan Marc Marquez, pembalap Repsol Honda, untuk mengubah penggunaan ban. Hasilnya, ia pun sukses memperbaiki catatan waktunya dibandingkan pada latihan bebas pertama.

Pada latihan bebas pertama MotoGP Rep Ceko di Sirkuit Automotodrom Brno, Jumat (19/8/2016), Marquez sempat mencatatkan waktu yang jauh dari ekspektasi. Ketika para pembalap seperti Andrea Iannone, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, hingga Hector Barbera ada di barisan depan, Marquez malah tertahan di urutan keenam.

Kala itu, catatan waktu 1 menit 57,085 detik Marquez kalah 0,896 dari Iannone, pembalap Ducati. Namun, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mampu memperbaiki catatan waktunya pada latihan bebas kedua. Hasilnya, Marquez sukses mengasapi para pembalap top.

Ia menempati urutan teratas dengan waktu 1 menit 55,840 detik, unggul 0,104 atas Iannone dan 0,137 atas Lorenzo. Menurut Rossi, Marquez mengambil keputusan yang tepat soal pergantian ban sebelum latihan bebas kedua dimulai.

"Saat ini, kecepatan terbaik ada di tangan saya, Lorenzo, dan Iannone. Namun, pertanyaan besar ada pada Marquez. Di pagi hari ia tak begitu cepat. Ia cukup menderita. Pada akhirnya, ia menempatkan ban yang tepat di depan. Lalu, ia mengubah ban belakang dan membuat lap yang fantastis," kata Rossi seperti dikutip Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sorot Michelin


Apa yang dilakukan Marquez membuat Rossi menilai penggunaan ban akan menjadi hal vital dalam balapan MotoGP Rep Ceko, Minggu (21/8/2016). Penting bagi Rossi mengambil keputusan yang tepat demi merebut podium pertama sejak menjadi juara MotoGP Catalan.

Sejak itu, Rossi kesulitan untuk menempatkan motornya di tiga barisan depan. Setelah finis di urutan kedelapan MotoGP Jerman, ia juga harus puas dengan posisi keempat MotoGP Austria. Lagipula, Rossi juga sudah lama tak menikmati kemenangan di Brno. Kemenangan terakhirnya didapat di musim 2009.

"Di masa lalu, Michelin menderita begitu banyak dibandingkan Bridgestone. Tapi, kami memiliki perasaan yang bagus pada latihan bebas. Waktu lap kami tak begitu buruk. Kami sudah cukup cepat. Namun, masih banyak hal yang harus kami kerjakan bersama-sama," jelas Rossi.

Pada dua latihan bebas MotoGP Rep Ceko, catatan Rossi sendiri tak begitu buruk. Setelah menempati urutan kedua pada latihan bebas pertama, Rossi melorot ke urutan kelima pada latihan bebas kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.