Sukses

Asingkan Schweini, Asosiasi Pemain Ancam Penjarakan Mourinho

Musim lalu, Schweinsteiger hanya tampil dalam 30 laga bersam MU di semua kompetisi.

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho mengindikasikan Bastian Schweinsteiger tak masuk dalam rencananya di Manchester United. Bahkan, pemain yang akrab disapa Schweini itu terkesan diasingkan dari skuat utama The Red Devils. 

Akibat hal itu, kecaman pun berdatangan kepada pelatih asal Portugal. Mourinho memang dikenal sebagai pelatih yang tak sungkan-sungkan mengasingkan pemain yang tak masuk dalam rencananya. Korban terkini adalah Schweini. Seperti diketahui, Mourinho tak membawa sang pemain saat MU melakoni laga uji coba dengan Galatasaray di Nya Ullevi, 31 Juli 2016.

Tidak hanya meninggalkannya, Mourinho juga seakan memberikan hukuman kepada Schweini. Ia meminta Schweini agar berlatih bersama tim cadangan. Bahkan, Mourinho menyuruh Schweini agar memindahkan lokernya ke kamar ganti tim cadangan.

Perlakukan buruknya kepada Schweini membuat Mourinho dihujat banyak pihak. Salah satu kecaman datang dari Dejan Stefanovic, mantan pemain Fulham dan Norwich City yang masuk dalam anggota Federasi Pesepak Bola Internasional (FIFPro).

"Dalam kasus kami, itu jelas kasus pidana. Jika terdapat intimidasi dan pelecehan, harus ada sanksi penjara maksimal kurungan tiga tahun. Semua pemain tim utama harus berlatih bersama pelatih kepala di tempat yang sama," ungkap Stefanovic.

"Dalam kesempatan yang sama, itu adalah sesuatu yang harus diterapkan di semua klub dan tertulis dalam regulasi FIFA," kata Dejan seperti dikutip The Sun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muenchen Ikut Mengecam

Tak hanya Dejan, mantan klub Schweini, Bayern Muenchen, pun ikut melayangkan kecaman atas perlakuan Mourinho. Hal itu diungkapkan Ketua Eksekutif Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge. Bahkan, ia mengaku awalnya tak percaya Mourinho bakal bersikap seperti itu.

"Ketika saya membaca berita itu, saya benar-benar tak mempercayainya. Dengan kabar ini, satu atau dua pemain bintang yang ingin menjadi bagian MU tentu akan berpikir panjang di masa depan. Sesuatu seperti itu tak pernah terjadi di Muenchen," kata Rummenigge.

Tentu saja, kenyataan itu memperburuk nasib Schweini. Padahal, ia baru saja mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman. Kebetulan, performa Schweini selama setahun terakhir memang sangat mengecewakan. Badai cedera membuat dirinya tak bisa tampil semusim penuh bersama MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini