Sukses

Pelatih Islandia Sebut Lagerback Layak Latih Timnas Inggris

Usai kekalahan dari Islandia, Roy Hodgson memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Inggris.

Liputan6.com, Nice - Dua pelatih Islandia, Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson membuat kejutan di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Mereka menyingkirkan salah satu kandidat juara, Inggris dengan skor 2-1, Selasa (28/6/2016) dinihari WIB.

Usai kekalahan tersebut, Roy Hodgson memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Inggris. Hingga saat ini, kursi pelatih Inggris untuk tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 masih kosong.

Baca Juga

  • Apes, 5 Pemain Bintang Ini Absen di Detik Akhir Turnamen Besar
  • 5 WAGs Seksi Ini Mesti Angkat Koper dari Piala Eropa 2016
  • 5 Pemain Tercepat di Piala Eropa 2016

Hallgrimsson pun menyarankan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menunjuk rekan duetnya sebagai pelatih Islandia, Lagerback menjadi suksesor Hodgson. Bukan tanpa alasan Hallgrimsson meminta FA menunjuk Langerback sebagai pelatih Inggris.

"Apa dia bisa melakukan pekerjaan yang sama untuk Inggris seperti melatih Islandia? Ya, tentu saja, mengapa tidak. Bila dia meninggalkan Islandia, siapa yang mendapatkannya pasti beruntung," kata Hallgrimsson, dikutip dari Express.

Menurutnya, Lagerback yang melatih Islandia sejak 2011 punya banyak pengalaman untuk memajukan sepak bola Inggris. Terlebih lagi, Lagerback sudah pernah tampil di Piala Dunia saat melatih Nigeria pada 2010.

"Ketika datang di Islandia, dia menjelaskan bahwa dirinya sudah menghabiskan seluruh hidupnya untuk sepak bola. Dia datang dan membuat program untuk Asosiasi Sepak Bola Islandia. Dia memberikan semua, termasuk pengalaman hidupnya untuk Islandia. Itu merupakan hal yang tidak bisa dibeli," ucap Hallgrimsson.

Selain melatih Nigeria di Piala Dunia 2010 dan Islandia di Piala Eropa 2016, Lagerback pernah melatih timnas Swedia sejak 2000 hingga 2009. Sejak menakhodai Islandia, Lagerback meraih 21 kemenangan dengan tingkat persentase kemenangan sebesar 41,18 persen.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.