Sukses

Bungkam Slovakia, Jerman Tunggu Lawan di Perempat Final

Jerman tinggal menunggu pemenang duel antara Italia dan Spanyol.

Liputan6.com, Villeneuve d'Ascq - Jerman mengamankan satu tiket perempat final Piala Eropa 2016. Sukses itu didapat setelah mereka menaklukkan Slovakia tiga gol tanpa balas pada perdelapan final di Stade Pierre-Mauroy, Senin (27/6/2016) dinihari.

Melihat jalannya pertandingan di babak pertama, Jerman memang layak unggul 2-0. Mereka tampil begitu dominan dalam penguasaan bola maupun menciptakan peluang, Tanda-tanda dominasi Jerman sudah terlihat hingga menghasilkan gol Jerome Boateng di menit 8.

Baca Juga

  • Detik-detik Valentino Rossi Jatuh di Sirkuit Assen
  • Marquez Bersyukur Valentino Rossi Terjatuh
  • Pelatih Rusia Resmi Mengundurkan Diri

Bahkan, Jerman sempat memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan di menit 13. Sayang, hadiah penalti gagal dimaksimalkan Mesut Ozil. Meski begitu, Jerman tetap sukses mencetak gol kedua di menit 43. Pergerakan cantik Julian Draxler diakhiri dengan gol Mario Gomez.

Tertinggal 0-2 membuat pelatih Slovakia, Jan Kozak, melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Jan Gregus dimasukkan untuk menggantikan Vladimir Weiss. Hasilnya, Slovakia memang sempat tampil agresif di awal babak kedua.

Sayang, para pemain Slovakia malah kembali tertunduk lesu. Tim asuhan Joachim Loew kembali menambah keunggulan di menit 63. Berawal dari sepak pojok, kemelut di depan gawang Slovakia dimanfaatkan Draxler untuk membobol gawang Matus Kozacik.

Gol ketiga Jerman ke gawang Slovakia yang dicetak Julian Draxler. (REUTERS/Carl Recine)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Intensitas

Setelah unggul 3-0, Loew pun mencoba untuk menyegarkan skuatnya dengan melakukan dua pergantian sekaligus. Benedikt Howedes dan Lukas Podolski dimasukkan untuk menggantikan Boateng dan Draxler di menit 72. Bahkan, ia juga memasukkan Bastian Schweinsteiger di menit 76.

Setelah itu, Jerman memang tetap mencoba untuk menambah keunggulan. Dominasi penguasaan bola masih jadi milik mereka. Namun, mereka tampak menurunkan agresivitas serangan.

Alhasil, keunggulan 3-0 Jerman bertahan hingga pertandingan bubar. Kemenangan itu membawa Jerman lolos ke perempat final. Kini, mereka tinggal menunggu pemenang duel antara Italia dan Spanyol.

Susunan Pemain:

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Boateng (Howedes 72), Hummels, Hector, Kimmich; Khedira (Schweinsteiger 76), Kroos; Ozil, Draxler (Podolski 72), Muller, Gomez

Slovakia (4-3-3): Kozacik; Skrtel, Pekarik, Durica, Gyomber (Salata 84); Hamsik, Hrosovsky, Skriniar; Duris (Sesttak 64), Weiss (Gregus 46), Kucka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.