Sukses

Prediksi Rumania Vs Albania: Mengejar Tiket 16 Besar

Rumania dan Albania masih berharap untuk mengejar tiket ke babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Lyon - Rumania dan Albania masih berharap untuk mengejar tiket ke babak 16 besar dari Grup A Piala Eropa 2016. Tak heran kedua tim bertekad meraih kemenangan dalam laga yang digelar di Parc Olympique Lyonnais dinihari WIB nanti.

Saat ini baru Prancis yang memastikan lolos dari Grup A. Sementara tiga negara lain yakni Swiss, Rumania, dan Albania masih punya peluang lolos baik sebagai runner up ataupun peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga

  • Kembali Bikin Rekor, Messi: Lebih Penting Kami Lolos
  • Bantai Meksiko, Chile Tantang Kolombia di Semifinal
  • Gabor Kiraly, Pemain Tertua Piala Eropa Bergaya Jadul

Untuk Rumania, mereka bisa melenggang dengan menyandang status runner up Grup A asalkan menang besar atas Albania dan di partai lain Swiss kalah oleh Prancis. Atau mereka juga bisa memanfaatkan jatah lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Sementara Albania memang peluangnya amat kecil. Mereka cuma berharap kemenangan bisa memberikan tiket lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, itu pun masih harus bersaing dengan tujuh tim dari grup lain.

Jelang pertandingan, pelatih Rumania, Anghel Iordanescu mengamanatkan anak-anak asuhnya tampil total pada laga nanti. Dia ingin Rumania tetap mengupayakan yang terbaik.

"Oleh sebab itu kita harus fokus dan tidak membuang energi buat hal yang tidak penting. Anak-anak tahu mereka harus melupakan semuanya saat di lapangan dan berjuang keras meraih hasil bagus," kata Iordanescu.

Sayangnya, Rumania kini menghadapi kendala lain, yaitu cedera pemain. Tiga penggawa Mihai Pintilii, Razvan RaÈ› dan Steliano Filip bermasalah dengan kebugaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taktik Albania

Sedangkan pelatih Albania, Gianni De Biasi mengatakan timnya harus tetap berusaha, meski kans mereka terbilang tipis. Pria asal Italia tersebut juga sudah menyiapkan taktik untuk menghadapi Rumania.

"Jika ingin lanjut, kami harus fokus. Tim ini sudah melakukan banyak hal, namun yang paling penting adalah hasil akhir," kata De Biasi.

"Melawan Rumania, kami wajib menjaga pertahanan. Mereka kuat dalam bola mati dan memiliki mental baja. Kami ingin tampil sempurna karena merupakan partai hidup-mati," ujarnya menambahkan.

Secara rekor, Rumania jauh unggul atas Albania. Mereka sudah 16 kali bersua dan Rumania menang 10 kali, empat imbang dan hanya menelan dua kekalahan. Dalam 13 pertemuan terakhir Rumania juga tidak pernah kalah, yakni meraih 10 kali kemenangan dan tiga kali imbang.

Kemenangan terakhir Albania atas Rumania terjadi 68 tahun silam. Mereka menang 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Bukarest.

Prakiraan susunan pemain:

Rumania:Tatarusanu; Sapunaru, ChiricheÈ™, Grigore, RaÈ›; Prepelita, Hoban; Torje, Stanciu, Stancu; Alibec.

Albania: Berisha; Hysaj, Cana, Mavraj, Agolli; Lila, Xhaka, Kaçe, Abrashi, Lenjani; Sadiku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.