Sukses

6 Fakta Kegagalan Portugal Bungkam Islandia

Portugal berbagi poin dengan Islandia pada laga perdana Grup F Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Portugal berbagi poin dengan Islandia pada laga perdana Grup F Piala Eropa 2016. Kedua kesebelasan harus puas dengan hasil imbang 1-1 di Stade Geoffroy-Guichard, Rabu (15/6/2016) dini hari WIB.

Pada laga tersebut, Portugal sempat unggul terlebih dahulu. Menit ke-31, Andres Gomes melepaskan umpan silang mendatar yang langsung disontek Luis Nani.

Baca Juga

  • Arkadiusz Milik: Penghancur Kutukan dan Pencetak Rekor Euro
  • Ibrahimovic Bicara Soal MU dan Pujian Roy Keane
  • Belum Kapok, Pelatih Jerman Ulangi Aksi Menjijikkan Saat Latihan

Namun, Islandia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Berawal dari umpan lambung Johann Gudhmundsson dari sisi kiri pertahanan Portugal, Birkir Bjarnason yang berdiri bebas melepaskan tendangan voli tanpa bisa dihentikan Rui Patricio.

Meski bermain imbang, Cristiano Ronaldo berhasil mencetak sejarah bersama negaranya, Portugal. Dia berhasil menyamai rekor Luis Figo menjadi pemain paling sering tampil bersama Timnas Portugal. Keduanya sudah mencapai 127 caps.

Selain itu, ada enam fakta lainnya yang patut disimak. Lihat di halaman selanjutnya.

Cristiano Ronaldo menyamai rekor Luis Figo. (AFP/Francisco Leong)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta hasil imbang Portugal vs Islandia

Fakta hasil imbang Portugal vs Islandia

1. Islandia menjadi negara pertama yang kesulitan melepaskan tendangan sejak Piala Eropa 2004 antara Yunani kontra Prancis. Saat melawan Portugal, Islandia hanya melepaskan empat tembakan, satu di antaranya berbuah gol.

2. Kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson melakukan penyelamatan sebanyak delapan kali saat melawan Portugal. Dia melewati torehan kiper Joe Hart saat melawan Italia pada Piala Eropa 2012.

3. Sejak 2008, Portugal tidak bisa memenangkan laga perdana di Piala Eropa. Rinciannya, Luis Nani dan kawan-kawan imbang dua kali dan kalah dua kali.

Reaksi dua pemain Portugal, Pepe dan Rui Patricio, saat timnya kebobolan Islandia pada laga Grup F Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Selasa (14/6/2016) atau Rabu dini hari WIB. (AFP/Jeff Pachoud)

4. Renato Sanches menjadi pemain termuda Portugal yang pernah main di Piala Eropa. Usianya saat diturunkan melawan Islandia yakni 18 tahun dan 301 hari. Dia mengalahkan rekor Cristiano Ronaldo yang tampil di Piala Eropa 2004 saat berusia 19 hari dan 128 hari.

5. Untuk pertama kalinya, Luis Nani bisa mencetak gol di pertandingan kompetitif secara berturut-turut sejak September 2008.

Luis Nani (REUTERS/Robert Pratta Livepic)

6. Kiper Islandia Hannes Thor Halldorsson menjadi pemain yang paling banyak bersentuhan dengan bola dalam 30 menit pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.