Sukses

Rossi Juara di Kandang Marquez

Start dari posisi lima, Valentino Rossi menjuarai MotoGP Catalunya setelah mengungguli pembalap Spanyol Marc Marquez.

Liputan6.com, Barcelona - Valentino Rossi tampil sempurna dalam balapan MotoGP seri Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu malam WIB(5/6/2016). Pembalap Movistar Yamaha itu finis pertama dengan catatan waktu 44 menit 37,589 detik.

Baca Juga

  • Lupakan Kontroversi, Brasil Langsung Fokus ke Laga Lawan Haiti
  • Titisan Zidane Rekrutan Pertama Mourinho di MU?
  • Deretan 4 Amunisi Karatan Pemegang Rekor di Piala Eropa

Sementara itu, posisi kedua ditempati Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu 2.652 detik di belakang Rossi. Posisi ketiga ditempati rekan Marquez, Dani Pedrosa.

Rossi yang start dari posisi kelima dapat merangsek ke posisi ketiga pada lap kedua usai melewati pembalap Suzuki Maverick Vinales dan Pedrrosa. Sementara pimpinan lomba ditempati rekan Rossi, Jorge Lorenzo yang menyalip Marquez begitu balapan dimulai.

Di lap ketiga, Rossi mulai mendekati Marquez dan Lorenzo. Dua lap kemudian, pembalap Italia itu menyalip Marquez. Setelah itu, giliran Lorenzo yang dilewatinya pada lap keenam.

Rossi terus melaju di depan, sedangkan posisi Lorenzo terus melorot. Setelah dilewati Marquez, Lorenzo kemudian disalip oleh Pedrosa dan Vinales sehingga turun ke posisi lima.

Pembalap Ducati Andrea Iannone menabrak motor pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo dalam balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (5/6/2016). (twitter.com/motogp)

Lorenzo benar-benar bernasib sial dalam balapan kali ini. Di lap ke-16, ban belakang motor Lorenzo ditabrak pembalap Ducati Andrea Iannone. Braaak! Tabrakan terjadi dan Lorenzo maupun Iannone terjatuh hingga meluncur ke pinggir sirkuit. Lorenzo amat begitu marah kepada Iannone atas insiden itu. Kedua pembalap tidak bisa melanjutkan balapan.

Sementara itu, lima lap menjelang finis, pertarungan sengit terjadi antara Rossi dan Marquez. Dengan ngotot, Marquez berupaya melawan Rossi. Tiga lap jelang finis, Maruqez mampu melewati Rossi. Tapi, Rossi bisa kembali menyalip Marquez.

Rossi diuntungkan dengan kesalahan Marquez yang terlalu melebar di tikungan. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut dengan leluasa melaju sendiri di depan untuk menyentuh garis finis pertama.

Dengan hasil ini, Rossi menempati peringkat tiga klasemen pembalap MotoGP dengan poin 103. Sementara Lorenzo turun ke peringkat dua dengan poin 115. Sementara puncak klasemen diambil laih Marquez yang unggul 10 poin dari Lorenzo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini